Pelatihan Kepemimpinan Bagi Mahasiswa Unpatti Penerima Beasiswa Bidikmasi dan KIP-Kuliah On Going

UNPATTI,- Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura gelar Pelatihan Kepemimpinan Bagi Mahasiswa Universitas Pattimura Penerima Beasiswa Bidikmisi dan Bantuan KIP-Kuliah On Going Tahun 2022. Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 2 Rektorat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan dasar-dasar kepemimpinan serta mempersiapkan mahasiswa untuk turut aktif bergabung dalam organisasi, Sabtu (17 Desember 2022).

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dengan materi “Kepemimpinan Visioner”., Dr. Drs. Zainal Rengifurwarin, M.Si dengan materi “Teori Kepemimpinan dan Manajemen”., Dr. Stanislaus K. Ohoiwutun, M.Si dengan materi “Teori Organisasi”., Said Lestaluhu, S.Sos, M.Si dengan materi “Komunikasi Dalam Organisasi”., Dr. Jusuf Madubun, M.Si dengan materi “Teori Pembuatan Keputusan”.

Ketua Panitia, Dr. Paulus Koritelu, S.Sos, M.Si dalam laporannya mengatakan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter kepemimpinan mahasiswa yang visioner, demokratis, disiplin serta memiliki rasa tanggungjawab atas tugas yang dipercayakan. Selain itu juga dapat memberikan bekal dasar-dasar teori dan praktek kepemimpinan bagi mahasiswa tetap juga dapat memotivasi mahasiswa untuk terlibat dalam berbagai organisasi kemahasiswaan, baik yang bersifat interakurikuler maupun ekstrakurikuler. Lanjut dikatakan, materi yang diberikan dari para narasumber sangatlah penting bagi mahasiswa Universitas Pattimura karena mahasiswa tidak bisa terpisahkan dari asosiasi dan organisasi. Setelah lulus nanti, mahasiswa diharapkan juga dapat terlibat aktif ditengah masyarakat. Beliau berharap lewat kegiatan ini para mahasiswa dapat mengambil nilai positif, sehingga output yang dihasilkan berdampak bagi pribadi tetapi juga bagi Universitas Pattimura sebagai institusi akademik.

“Berbicara tentang kepemimpinan tentunya sudah dilalui oleh semua orang sejak masa kecil, seperti ketika kita ditugaskan sebagai ketua kelompok. Hal ini tentunya merupakan sebuah embrio lahirnya seorang pemimpin” kata Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum saat membuka kegiatan pelatihan kepemimpinan sekaligus memberikan materi. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengelola potensi diri sehinga mampu mempengaruhi orang lain. Faktor pendidikan yang baik juga tentunya bisa menjadikan seseorang sebagai pemimpin. Lanjut dikatakan juga, tujuan kepemimpinan dalam sebuah organisasi antara lain memberi bimbingan dan arahan kepada orang, memberikan motivasi, menata sumberdaya manusia, melakukan perubahan secara teratur, terarah dan berkesinambungan/berkelanjutan serta berupaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu juga fungsi dari seorang kepemimpinan yaitu membentuk karakter anggota, menyelesaikan masalah yang dihadapi, memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat, mampu memberikan pengaruh dan motivasi yang baik kepada anggota, dapat menciptakan kader yang baik, mampu beradaptasi dengan perubahan, memiliki sikap tangguh dan pantang menyerah serta menjadi contoh dan teladan bagi anggota.

“Kepemimpinan yang visioner adalah kepemimpinan yang professional dan proporsional, berorientasi pada upaya menjadi tujuan, memiliki rasa tanggungjawab, menjadi pemimpin yang memotivasi serta menjadi pemimpin yang berorientasi pada nilai atau hasil /outcome.

Beliau berharap, dengan kegiatan ini maka kelak nanti mahasiswa mampu menjadi seorang pemimpin yang mampu mengembangkan pengetahuan dan wawasan, serta mampu menjadi contoh dan teladan yang baik ditengah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *