Pembinaan Karakter Bela Negara bagi Mahasiswa Universitas Pattimura Penerima Bantuan KIP Kuliah On Going Tahun 2022

UNPATTI,- Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura kembali menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Karakter Bela Negara bagi Mahasiswa Universitas Pattimura Penerima Bantuan KIP Kuliah On Going, yang berlangsung di lantai 4 Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, (Rabu, 21 Desember 2022).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam laporannya mengatakan, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura sampai saat ini telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan kemahasiswaan. “dan nantinya sebelum menutup akhir tahun 2022, kita juga akan melaksanakan kegiatan kemahasiswaa yaitu Pembinaan Karakter Bagi Mahasiswa Afirmasi Papua”, terangnya. Lanjut dikatakan, sesuai dengan amanat konstitusi yaitu bela negara menjadi salah satu kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia, maka pembinaan karakter bela negara ini tentunya dilakukan bagi mahasiswa Universitas Pattimura setiap tahun, untuk membentuk dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan. “Jadi jangan berpikir bahwa bela negara hanya menjadi tanggungjawab dari TNI-Polri saja, tetapi semuanya itu merupakan kewajiban dari seluruh warga Indonesia guna mewujudkan sistem pertahanan keamanan”, jelas Dr. Madubun.

Beliau menambahkan, Bela Negara tentunya menjadi salah satu bentuk pembelajaran dari perkembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Disamping itu juga ada pendidikan tambahan bagi mahasiswa seperti Pramuka maupun Resimen Mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, menanamkan sifat cinta tanah air dan bela negara di kalangan mahasiswa Universitas Pattimura.

Sementara itu, mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, pembinaan Karakter Bela Negara merupakan suatu hal yang sangat penting bagi warga negara Indonesia. Hal ini tentunya akan melatih kita akan ketahanan keamanan negara, serta menjunjung tinggi nilai nasionalisme. “Mahasiswa perlu membangun dan menumbuhkan rasa kebangsaan guna mewujudkan rasa bela negara di Indonesia” katanya. Selain itu juga mahasiswa perlu menjaga 4 pilar kebangsaan yang ada di Indonesia yaitu Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, supaya ketahanan di Indonesia dapat terjaga dengan baik.Hal inilah yang akan membentuk karakter mahasiswa demi menjaga keamanan suatu bangsa. Selain itu juga akan membentuk mahasiswa menjadi calon intelektual muda yang jujur, mandiri, berwawasan luas dan berpancasila.

Dr. Tjiptabudy berharap agar mahasiswa tetap menjaga kebangsaan Indonesia ini lewat karakter masing-masing, karena Indonesia Emas adalah Mahasiswa.

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Pangdam XVI Pattimura yang diwakili oleh Kolonel Czi. Drs. Syarifuddin Sara, M.Si dengan materi “Peningkatan Karakter Bela Negara di Kalangan Mahasiswa”, dan KA Polda Maluku yang diwaliki oleh Kombespol. Drs. M. Roem Ohoirat dengan materi “Pencegahan dan Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *