Kunjungan New Zealand – Maluku Access to Renewable Energy Support (NZMATES)

UNPATTI,- Bertempat di ruang kerja rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd bersama Wakil Rektor Bidang Umum dan keuangan, Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi, Dr. Muspida, M.Si menerima lansung kunjungan dari New Zealand-Maluku Access To Renewable Energy Support (NZMATES), Kamis (12 Januari 2023). Kunjungan yang dilakukan tersebut dalam rangka melaporkan progres kegiatan serta mendiskusikan beberapa hal yang menjadi tantangan selama pelaksanaan kegiatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, NZMATES adalah sebuah unit yang bergerak di bidang energi listrik, yang nantinya dapat dijangkau oleh masyarakat dengan menjaga kualitas lingkungan. Selain itu juga, NZMATES telah melakukann kerjasama dengan Universitas Pattimura sejak tahun 2019 hingga 2024. “NZMATES juga hadir di Fakultas Teknik Universitas Pattimura dan telah memberikan peralatan laboratorium dengan tujuan untuk menjadikan laboratorium yang mendidik mahasiswa sehingga mampu mengelola energi terbarukan dan membantu institusi maupun lembaga terkait lainnya dalam menyiapkan tenaga elektrikal yang bisa mengelola Laboratorium Mini-Grid Pȗngao Pattimura”, ungkapnya. Beliau berharap, laboratorium yang ada sudah dibuat ini juga kiranya dapat membantu para mahasiswa dalam melakukan pratikum sehingga melatih mahasiswa untuk menjadi teknisi, praktisi serta memiliki keahlian di bidang elektrikal.

Sementara itu, Sheflijane Toumahu (Partnerships Officer) dalam menyampaikan materi mengatakan, tujuan utama dari NZMATES adalah mendukung penyerapan energi yang terjangkau, andal dan terbarukan di Provinsi Maluku. Ada dua jenis utama kegiatan yang sudah dijalankan yaitu Project Pipeline (memberikan dukungan untuk pengembangan proyek energi terbarukan) dan Capacity Building (mendukung pembangunan kapasitas energi terbarukan dengan mitra utama dan di sektor energi terbarukan secara luas di Maluku). “Kami juga sudah melakukan kegiatan lainnya seperti kuliah umum, pelatihan, kuliah tamu “Global Decarbonisation Renewable Energy oleh Dr. Andrew Crossland Ceng, pelatihan PLTS off-grid bagi 40 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pattimura, keterlibatan NZMATES dalam Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Pattimura pada tanggal 10 November 2019, dan masih banyak kegiatan lainnya yang sudah dilaksanakan”, ujarnya. Beliau menambahkan, MoU yang dilaksanakan sejak tanggal 07 Mei 2019 bertujuan untuk mempromosikan kerjasama dalam program pelatihan dan bidang pendidikan untuk memperkuat kapasitas serta mendorong penggunaan energi terbarukan di Provinsi Maluku.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Safitri Yanti Baharuddin (Programme Manager)., Usep Nuraen (Renewable Energy Technical Specialist)., Putri Anajani Hatuina (Renewable Energy Technical Assistant).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *