Gandeng Amboina Coastal Care, Amarican Corner Universitas Pattimura gelar Talk Show

UNPATTI,- American Corner Universitas Pattimura bekerjasama dengan Amboina Coastal Care gelar kegiatan Talk Show “Permasalahan dan Tantangan Pemeliharaan Mangrove Dalam Menopang Wilayah Pesisir”, yang berlangsung di Aula Lantai 2 Rektorat Universitas Pattimura, Senin (27 Februari 2023).

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini Daniel D. Pelasula (Perekayasa/Inovator Pusat Riset Oseanografi BRIN)., Novanda C. H. Risakotta, S.Pt (Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan)., Marthina Kelbulan (Kepala Desa Poka) dan Teria Salhuteru (Ketua LSM Moluccas Coastal Care).

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, Universitas Pattimura menyambut baik kegiatan yang dilakukan karena tentunya membahas tentang bagaimana permasalahan dan tantangan dalam melestarikan ekosistem manggrove, dan Universitas Pattimura tentunya juga memiliki tanggungjawab yang besar dalam melihat hal tersebut. “Sebelum kegiatan ini di mulai, kita telah melakukan MoU antara American Corner Universitas Pattimura dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk melaksanakan berbagai aktivitas dan disamping itu juga membahas tentang bagimana masalah perubahan iklim yang harus dijaga serta dampaknya bagi masyarakat”, ujar Prof Leiwakabessy. Lanjut dikatakan, salah satu upaya untuk mencegah perubahan iklim tersebut dengan cara menjaga ekosistem manggrove, karena hasil kajian menunjukkan bahwa manggrove dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan gas rumah kaca atau CO2. “Disisi lain, jika mangrove mengalami kerusakan yang cepat maka efek rumah kaca juga dapat menurun dengan cepat. Jadi kita harus betul-betul melakukan aspek konservasi dengan menjaga ekosistem mangrove”, kata Prof Leiwakabessy. Beliau berharap, semoga kegiatan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang baik  sehingga mampu diimplementasikan pada lingkungan tempat tinggal.

“Saya sangat senang berada di Universitas Pattimura, karena dapat menyaksikan langsung kegiatan Amboina Coastal Care. Lebih dari 15 tahun Amerika Spaces telah berbagi cerita dan juga pengalaman di Indonesia tentang pelestarian lingkungan”, ujar Alison F. Mckee selaku Regional Amarican Spaces Officer U.S Embassy Jakarta dalam memberikan sambutan. Alison juga mengatakan, American Spaces selalu menjadi tempat bagi orang untuk belajar, berbagi ide dan juga pengalaman serta menciptakan pemahaman yang sama. American Spaces juga tentunya akan mendorong generasi muda untuk belajar tentang pendidikan, pelestarian lingkungan, ketenagakerjaan dan kewirausahaan. “Kami akan mengatur platform tidak hanya tentang program pendidikan tetapi juga semua hal lain yang kami lakukan dalam kemitraan dengan Indonesia USconsyp”, tutupnya.

Turut Hadir rombongan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dan Konsultan Jenderal Amerika Serikat di Surabaya., Christian Simanullang selaku Direktur MyAmerica Surabaya – American Center yang terletak di dalam Konsulat Jenderal AS di Surabaya., Inggrit O. Tanasale, P.hD selaku Direktur Amerika Corner Unpatti beserta staf dan volunteer., para Ketua Organisasi Lingkungan bersama volunteer., perwakilan Pemerintah Desa., para mahasiswa dan tamu undangan lainnya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *