Kuliah Umum dan Bedah Buku “ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993 – 1999”

UNPATTI,- Universitas Pattimura menggelar kegiatan Kuliah Umum dan Bedah Buku “ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993 – 1999”. di Auditorium Universitas Pattimura, Kamis 2 Februari 2023.

Kegiatan tersebut menghadirkan Keynote Speaker, Dr. Pius Lustrilanang, S.PI, M.Si, CFRA, CSFA (Anggota VI BPK RI) dan 2 narasumber yang akan mengkaji buku yakni Prof. Dr. Tonny D. Pariela, M.A selaku Guru Besar Fakultas ISIP Unpatti dengan topik “ALDERA, Suara Rakyat, dan Perjuangan Menjaga Reformasi” dan  Dr. J. J.Pietersz, S.H, M.H selaku Dosen Fakultas Hukum Unpatti dengan topik  “ALDERA dan Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia” dan dipandu oleh moderator Michelle Papilaya dari Jurnalis Kompas TV Ambon.

Buku ALDERA: Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993-1999 merekam salah satu etape perlawanan terhadap rezim otoritarianisme Orde Baru pada awal 1990-an hingga kejatuhan Soeharto. Aliansi Demokrasi Rakyat (ALDERA) memainkan peranan penting dalam interaksi perlawanan atas rezim. Buku ini menceritakan gerakan pemuda progresif di dekade terakhir kekuasaan Orde Baru yang aktivitasnya bermula di awal 1990-an melalui gerakan pembelaan petani dan pemuda yang berujung pada perjuangan politik untuk mengakhiri otoritarianisme Orde Baru.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kunjungan Dr. Pius Lustrilanang, S.PI, M.Si, CFRA, CSFA.  Dikatakan,  saat ini kita kedatangan seorang tamu yaitu tokoh nasional yang akan memberikan kuliah umum tentang “Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993 – 1999”. “Mungkin diantara para mahasiswa ini ada juga yang belum lahir pada jaman tersebut, dan karena itu buku ini ditulis dengan tujuan adalah supaya para mahasiswa dan pemuda harus dapat memahami tentang sejarah. Sejarah perjuangan politik adalah sesuatu yang sangat luar biasa karena harus berhadapan dengan penguasa yang tentunya menimbulkan resiko”, ujarnya. Beliau berharap, sebagai para mahasiswa dan generasi muda lainnya harus mampu memahami eksistensi dan keberadaannya serta memiliki nilai-nilai perjuangan yang tinggi dalam menghadapi tantangan kedepan.

Kegiatan ini diakhiri dengan Penanaman Pohon Demokrasi (Gandaria) Dr. Pius Lustrilanang, S.PI, M.Si, CFRA, CSFA (Anggota VI BPK RI)., Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum (Rektor Universitas Pattimura)., Hery Purwanto, S.E, M.M, AK, CA, CSFA selaku Kepala Perwakilan BPK RI)., mewakili narasumber Prof. Dr. T. D. Pariela, M.A (Dosen Fakultas ISIP Unpatti) dan Johan J. Lewerissa, S.H, M.H (Anggota DPRD Maluku).

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 1300 peserta yang terdiri dari para mahasiswa, akademisi dan undangan lainnya

Selengkapnya dapat disaksikan melalui kanal YouTube : UNPATTI CHANNEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *