Mahasiswa Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Ikuti Pembinaan

UNPATTI,- Sebanyak 26 mahasiswa penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK)  Papua dan Daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) mengikuti “Pembinaan dan Penandatangan Pernyataan Bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi ( ADIK) Tahun 2022”, Selasa(14/2)

ADIK adalah salah satu program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang salah satu sasarannya untuk mendukung pendanaan yang diberikan kepada putra putri Papua Papua Barat, daerah 3 T, serta anak-anak keluarga TKI dari wilayah perbatasan diseluruh Indonesia, termasuk di Universitas Pattimura.

Kegiatan yang berlangsung di Aula lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Pattimura menghadirkan 3 narasumber yakni Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum yang menyampaikan materi “ Kepemimpinan Visionir “. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si yang menyampaikan materi tentang Kemahasiswaan dan Organisasi Kemahasiswaan dan Peran Kerjasama terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan bagi Mahasiswa Universitas Pattimura” serta  Ketua Pusat Layanan Konseling Unpatti, Theophanny P. T. Rampisela, S.Psi., M.Ed yang menyampaikan materi  “Motivasi dan Character Building”. Para pemateri dipandu oleh moderator yakni, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Johan M. Tupan, ST, MT dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Paulus Koritelu, S.Sos, M.Si

Dalam laporan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura, Dr. Jusuf Madubun, M.Si mengatakan sampai saat ini ada 118 mahasiswa Universitas Pattimura yang mendapatkan beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua maupun 3T  yang terdiri dari 92 orang  On Going dan 26 orang angkatan 2022. Lanjut dikatakan, semua proses akademik dan pembinaan yang dilakukan hari ini dapat diikuti dengan baik sehingga nantinya para mahasiswa penerima beasiswa afirmasi dapat lulus tepat pada waktu dan akan kembali kedearah masing-masing dan mungkin akan menyebar ke seluruh nusantara untuk mengabdi  dan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah dan bangsa ini.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutan sekaligus memberikan materi mengatakan, proses pembinaan kepada mahasiswa penerima beasiswa afirmasi Pendidikan tinggi sangat penting dilakukan mengingat kondisi yang terjadi baik lokal, nasional maupun internasional mengharuskan mahasiswa untuk memiliki kemapuan lebih. Proses pembinaan dilakukan hari ini menjadi penting karena setelah nantinya menjadi alumni Universitas Pattimura harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana kepemiminan, bagaiamana cara mengelola diri untuk menjadi orang yang lebih baik, kerena pemerintah memberikan beasiswa dengan tujuan merangsang dan mendorong mahasiswa untuk belajar dan mempunyai prestasi dalam berbagai bidang tidak hanya pengetahuan saja tetapi juga prestasi dalam bidang olah raga dan seni maupun prestasi lainnya. Lanjut dikatakan, Beasiswa yang berikan selain kepada mahasiswa dengan latar belakang ekonomi yang kurang mampu tetapi juga memiliki prestasi akademik yang baik. harapannya lewat pembinaan yang diberikan hari ini mahasiswa dapat  membenahi diri untuk mejadi orang yang lebih baik yang membutuhkan pembiannan berkelanjutan.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Koordinator Kemahasiswaan dan Humas, Sub Koordinator Kesejateraan dan Sub Koordinator Hubungan Masyarakat Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#MahasiswaPenerimaBeasiswaAfirmasiPendidikanTinggiIkutiPembinaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *