PUNCAK PERAYAAN DIES NATALIS FMIPA KE-25

UNPATTI,- Acara puncak perayaan Dies Natalis ke-25 Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) berlangsung di Gedung FMIPA Unpatti, Senin, 27 Februari 2023. “Sains  Bersinergi Menghadapi Resesi Global ”menjadi tema yang dipilih dalam perayaan dies natalis tahun ini.

Ketua Panitia Pelaksana Dr. Mario R. Sohilait, S.Si., M.Sc, dalam laporannya mengatakan untuk memeriahkan perayaan dies natalis panitia telah melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari pencanangan, jalan santai serta berbagai lomba dengan tujuan untuk  mempererat hubungan antar sivitas akademika , mengembangkan bakat dan kreativitas dalam bidang IPTEK, seni budaya serta  olah raga. Ia berharap, dalam usia ke 25 tahun ini, FMIPA terus bersinergitas untuk menjadikan FMIPA yang unggul dalam melaksanakan Tri Dharam perguruan Tinggi.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd. M.Si dalam sambutannya mengatakan, 25 tahun FMIPA tidak terlepas dari proses panjang. Memasuki usia 25 tahun FMIPA telah mengalami pengembangan baik sarana prasarana maupun Sumber daya Manusia dosen. Saat ini FMIPA memiliki 4 jurusan dan 8 program studi (Matematika, Statistika, Ilmu Komputer, Kimia, Farmasi, Biologi, Bioteknologi, dan Fisika), 29 Laboratorium spesifik pada 4 Jurusan dan 2 pusat kajian yaitu : pojok statistik dan kajian halal.  Saat ini FMIPA sedang dalam  proses penilaian pengusulan prodi Sains Biomedis. Dari 8 prodi, satu prodi yaitu fisika terakreditasi unggul. Untuk mengakomodir semua prodi pada FMIPA sat ini dan sesuai nomenklatur bidang ilmu, maka nama FMIPA sementara diusulkan untuk perubahan nama menjadi Fakultas Matematika Sains dan Teknologi. Lanjut dikatakan, usia 25 tahun sering disebut quarter life merupakan suatu fase peralihan dari remaja akhir menjadi dewasa awal untuk itu, diharpakan semangat perjuangan panjang dan goresan sejarah dari para pimpinan terdahulu harus tetap kita lanjutkan untuk memajukan FMIPA. Dekan juga mengucapkan terima kasih untuk semua yang telah berjasa dalam merintis sampai terbentuknya FMIPA, hingga saat ini FMIPA tetap eksis. “Sains hari ini adalah teknologi di masa Depan” tutup  dekan.

Mewakili Rektor, Wakil Dekan Bidang Akaedmik,  Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan mengatakan, 25 tahun FMIPA memiliki makna yang cukup penting, bagaimana refleksi histori perjuangan para tokoh yang telah bekerja keras untuk terbentuknya FMIPA membuktikan potensi SDM yang luar biasa sehingga dari FMIPA terlahirlah pemimpin-pemimin luar biasa di Universitas ini. Untuk itu diperlukan pemikiran bersama ‘sinergi sains’ untuk menghadapi tantangan global. Konteks ini mengharuskan FMIPA untuk membenahi dan memanfaatkan potensi laboratorium sehingga dari laboratorium yang ada  dapat menghasilkan riset yang sepektakuler. Prof. Leiwakabessy berharap, FMIPA harus membangun kerjasama dengan dunia industri untuk dapat memasarkan prodak riset yang dimiliki. Ia juga berharap FMIPA dapat memiliki data base yang kuat terhadap potensi biodiversitas yang merupakan keanekaragaman hayati baik tumbuhan, hewan, dan ekosistem yang spesifik di daerah Maluku untuk dapat dijadikan riset. Dengan dasar ilmu sains yang ada FMIPA harus menjadi ujung tombak menghadapi resersi global yakni ketahanan pangan, obat-obatan serta berwirausaha  melalui produk unggulan hasil riset yang ada.

Kemeriahan Puncak Dies Natalis ke-25 turut diwarnai dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba, serta resepsi HUT ke 25 FMIPA Unpatti.

Selamat Ulang Tahun Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam Unpatti.

Hotumese !!

#UniversitasPattimura
#humasUnpatti
# PuncakPerayaanDiesNatalisFMIPAKe-25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *