Seminar Nasional mendukung “Sang Upuleru” Prof. Dr. G. A. Siwabessy sebagai Pahlawan NAsional

UNPATTI,- Pemerintah Daerah Provinsi Maluku melaksanakan kegiatan Seminar Nasional mendukung “Sang Upuleru” Prof. Dr. G. A. Siwabessy sebagai Pahlawan Nasional, yang berlangsung di lantai 2 Aula Rektorat Universitas Pattimura, Kamis (23/02/23). Seminar Nasional yang digelar dengan tujuan untuk pengusulan “Sang Upuleru” Prof. Dr. G. A. Siwabessy sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Maluku.

Narasumber yang dihadirkan dalam seminar nasional ini adalah Bpk. Bara Lasjkar Siwabessy, MBA (Putera kedua dari Prof. Dr. G. A. Siwabessy) dengan topik yang dibawakan “UPULERU, Nasional asal Maluku yang visioner dan ilmuwan berwawasan multidimensional”., Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto (Mantan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional/BATAN) dengan topik “Prof. Dr. G. A. Siwabessy, Bapak Atom Indonesia”., Dr. Nafsiah Mboi, Sp.AMPH (Mantan Menteri Kesehatan RI) dengan topik “Prof. Dr. G. A. Siwabessy, Peletak Fondasi Pembangunan Kesehatan RI”., Perwakilan Kementerian Sosial RI dengan topik “Mekanisme dan prosedur pengusulan calon pahlawan nasional”., Dr. Sem Touwe dan Dr. Nuraide Kubangan (Dosen Sejarah FKIP Universitas Pattimura) dengan topik yang dibahas “Catatan tinta emas Prof. Dr. G. A. Siwabessy persembahan dari Maluku untuk Indonesia”.

Mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd diawal sambutannya memperkenalkan Moto Universitas Pattimura yaitu HOTUMESE yang artinya Berkembang Dalam Tantangan. Hal ini tentunya merupakan sebuah pemikiran dari para pendahulu mesti dimaknai sebagai sebuah pemikiran intelektual untuk mengartikan perjuangan pendidikan yang ada di Universitas Pattimura dengan semangat HOTUMESE. Dikatakan pula, kegiatan ini tentunya memiliki nilai penting karena kita dapat berjuang bersama-sama untuk mendukung “Sang Upuleru” Prof. Dr. G. A. Siwabessy sebagai Pahlawan Nasional. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Maluku tentunya pula memiliki semangat yang tinggi dengan simbol nama pahlawan yaitu PATTIMURA. “Kita harus memiliki semangat kepahlawanan yang tinggi, memperjuangkan nilai-nilai serta tokoh-tokoh lainnya yang telah memberingkan sumbangsih pemikiran dan juga potensi yang besar untuk mengembangkan perjuangan kemerdekaan, mengisi kemerdekaan sampai dengan memberikan nilai-nilai yang luar biasa bagi Indonesia”, ujarnya. Beliau menambahkan, sebagai perguruan tinggi terbesar di Maluku, Universitas Pattimura mendukung sepenuhnya penganugerahan gelar  Pahlawan Nasional kepada “Sang Upuleru” Prof. Dr. G. A. Siwabessy. Beliau berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan nilai positif kepada semua orang.

Sementara itu, mewakili Gubernur Maluku, sambutan Wakil Gubernur Maluku, Drs, Barnabas N. Orno mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Prof. Dr. G. A. Siwabessy tentunya memiliki jasa yang besar bagi Indonesia yaitu dengan menjadi bagian dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga Prof Siwabessy turut berperan aktif di Bidang Kesehatan, pendidikan, atom/nuklir, dan lainnya, tetapi juga sebagai seorang sejarawan dan budayawan. Beliau berharap, lewat kegiatan ini maka akan melahirkan ide-ide serta gagasan yang menarik  untuk kepentingan bersama dan Prof. G. A Siwabessy dapat disahkan mejadi Pahlawan Nasional dari Maluku. Turut hadir Forkopimda Provinsi Maluku, Sivitas Akademika Universitas Pattimura., para narasumber, Keluarga Besar Prof. Dr. G. A. Siwabessy., rohaniawan dan tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *