2807 Siswa se-Maluku Ikut Olimpiade Sains FMIPA Unpatti 2023

UNPATTI,- Sebanyak 2807 Siswa/i berprestasi tingkat SD, SMP dan SMA/Sederajat yang ada di Provinsi Maluku mengikuti Olimpiade Sains Fakultas MIPA Universitas Pattimura, yang berlangsung dari tanggal 14 – 17 Maret 2023 di Auditorium Universitas Pattimura.

Ketua Panitia, Ronald John Djami, S.Si, M.Si, mengatakn di tahun 2023 jumlah peserta meningkat 100% dari tahun sebelumnya, yakni sebanyak 2807 siswa dari beberapa sekolah yang merupakan perwakilan tingkat SD, SMP, dan SMA/Sederajat di Provinsi Maluku. “Kegiatan Olimpiade Sains merupakan sebuah ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains dan matematika bagi siswa SD, SMP dan SMA/Sederajat, yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura”, kata Ronald Djami, S.Si, M.Si.

Dekan Fakultas MIPA Universitas Pattimura, Prof. Dr. P. Kakisina, M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilakukan saat ini tentunya memiliki mutu dan kualitas pendidikan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta 100% dari tahun sebelumnya, dan menunjukkan bahwa siswa di Maluku memiliki kecintaan terhadap Sains sebagai dasar teknologi. Dikatakan pula, sebagai barometer di Provinsi Maluku, sains dan matematika tidak dapat dipisahkan, dan  tentunya akan menjadi dasar yang kuat kedepan untuk kemajuan pendidikan di Maluku. “Setiap perlombaan pasti ada yang kalah dan menang. Menjadi pemenang bukanlah hal yang utama, akan tetapi dapat memiliki jiwa berkompetisi maupun jiwa berlomba. Jadi jika ada yang belum menang, jangan putus asa, akan tetapi tetap semangat dan teruslah memiliki nilai kecintaan terhadap matematika maupun sains dalam setiap proses pembelajaran”, ujar dekan FMIPA. Dekan berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan kedepannya para peserta kelak akan membawa nama Maluku hingga ke tingkat nasional.

Dalam sambutan saat membuka kegiatan  Olimpiade Sains yang diselenggarakan FMIPA,  Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd memebrikan apresiasi atas penyelenggarakan kompetisi, yang melibatkan siswa/i tingkat SD, SMP dan SMA/Sederajat di Maluku.  “Kompetisi ini tentunya memiliki peran yang besar, karena kita akan melihat kemampuan dan kompetensi dari peserta lomba, sekaligus kita juga dapat melihat kemampuan dan kompetensi dari para guru. Jika para peserta lomba berhasil dalam menguasai bidangnya masing-masing, maka mereka akan memiliki masa depan yang gemilang”, ujar Prof. Leiwakabessy. Jika para peserta lomba memiliki kapabilitas atau kompetensi tinggi, maka akan dapat dilihat keunggulan dari setiap sekolah, baik di dinas pendidikan tingkat kabupaten, kota maupun provinsi. Beliau berharap, semoga kompetisi ini akan melahirkan inovasi dan kreativitas bagi para peserta lomba. Dan kedepannya juga kegiatan Olimpiade Sains FMIPA Universitas Pattimura dapat didukung oleh dinas pendidikan kabupaten, kota maupun provinsi.

“Kami juga berharap kedepan tidak hanya lomba yang dilakukan secara tertulis, melainkan secara kontekstual (Games Sains dan Matematika), sehingga para peserta dapat memecahkan berbagai masalah yang ada melalui sains dan matematika, dan akan melahirkan kontribusi yang besar dalam berpikir tingkat tinggi”, tutup Prof. Leiwakabessy.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku., Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon., Pimpinan Bank Negara Indonesia KCP Ambon Universitas Pattimura., Pimpinan Bank Mandiri KCP Ambon Universitas Pattimura., para Wakil Dekan dalam lingkup FMIPA dan para rohaniawan

Selamat berlomba dan sukses selalu. Hotumese!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *