82 Mahasiswa Ikuti Seleksi On MIPA PT

UNPATTI,- Seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON-MIPA PT) Tahun 2023 tingkat Universitas Pattimura, diselenggarakan. Empat bidang yang dilombakan yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Pada olimpiade ini total jumlah peserta 82 mahasiswa dari berbagai Fakultas di lingkungan Universitas Pattimura yang masing-masing bidang terdiri dari Bidang Biologi 15 peserta, Fisika 22 peserta, Kimia 19 peserta, Matematika 26 peserta.

ON MIPA yang berlangsung di ruang Auditorium lantai 4 Fakultas MIPA Unpatti dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si., Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam lingkungan Universitas Pattimura., serta para Tim Penilai dan Penyusun.

“ON MIPA merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa untuk mengasah kemampuan diri melalui kompetensi atau lomba. Kegiatan ini juga menjadi pemicu guna membekali mahasiswa dalam ajang kompetisi yang lebih kompetitif dan hal ini harus direncanakan dalam program rutin sehingga dapat diakomodir dengan baik” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd saat membrikan sambutan. Ia berharap, penilaian yang dilakukan harus bersifat objektif sehingga dapat melihat kemampuan dari masing-masing peserta. Peserta yang akan mewakili Universitas Pattimura diharapkan juga mampu menunjukan kemampuannya di Tingkat Regional maupun Nasional. “ Prestasi yang diperoleh mahasiswa dalam kompetisi tingkat nasional akan  berdampak pada Indikator Kinerja Utama Universitas” ungkapnya.

Francis Y. Rumlawang, S.Si, M.Si dalam laporannya mengatakan,ON MIPA merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Presentasi Nasional dibawah Kemendikbudristek DIKTI yang acara puncaknya akan jatuh pada bulan Juni mendatang. “Hari ini adalah seleksi internal untuk mendapatkan 5 orang mahasiswa dari 4 bidang yang dilombakan yakni bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. ON MIPA Perguruan Tinggi mempunyai 3 tahapan, yaitu Seleksi tahap awal dengan melibatkan 82 peserta dari 4 Fakultas yaitu Fakultas MIPA, Teknik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Kedokteran. Dari hasil seleksi tahap awal akan terpilih 5 mahasiswa terbaik pada masing-masing bidang dan selanjutnya peserta terpilih tersebut akan melangkah tahap seleksi tingkat Regional yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2023. Pembinaan dari dosen ahli dibidang terkait untuk membekali mahasiswa dalam berkompetisi menjadi salah satu upaya untuk dapat mempersipakan para mahasiswa mencapai nilai yang telah ditetapkan oleh DIKTI” Harapannya, siapapun yang terpilih pada tingkat Universitas Pattimura, dapat membanggakan Universitas Pattimura di ajang Ragional maupun Nasional.

Selamat berjuang mahasiswa Universitas Pattimura.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#82MahasiswaIkutiSeleksiOnMIPAPT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *