FGD “Urgensi Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa”

UNPATTI,- Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara Maluku-Papua menggelar Facus Group Discusion (FGD) dengan Tema “Urgensi Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa”, berlangsung di Aula Lantai 2 Rektorat Universitas Pattimura, Rabu (1 Maret 2023).

“Desa sebagai basis ekonomi, sosial dan budaya  harus kita bangun dan diberi kesempatan untuk berperan. Fungsi dan Peran Kepala Desa / Desa adat sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa/Desa Adat dan memiliki otonomi  yang mengakar dan mampu melindungi, mengayomi, serta mampu memberikan solusi untuk menjawab berbagai tantangan dan polimik serta menghargai hak-hak tradisional yang hidup dalam masyarakat” hal ini diungkapkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Yusuf Madubun, M.Si saat membuka kegiatan Facus Group Discusion (FGD) Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara Maluku-Papua. Madubun berharap, melalui kegiatan ini berbagai  kontroversi yang timbul terkait permasalahan yang dialami oleh Desa/Desa adat terkait Urgensi Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa, dapat didikusikan dan dapat melahirkan rekomendasi sebagai solusi anak bangsa dalam membangun Desa. “Semoga apa yang dilakukan ini dapat bermanfaat” tutupnya.

Bendahara Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara, Jimy Saputra Nasution dalam sambutannya mengatakan, perpanjangan masa jabatan Kepala Desa menjadi isu yang hangat saat ini, hal inilah yang menjadi gagasan untuk BEM nusantara melakukan FGD hari ini. Ia berharap, dengan adanya para narasumber yang berkompeten, dapat membuka wawasan kita bersama dan lewat FGD ni dapat melahirkan pemikiran yang baru untuk pengembangan Desa.

FGD ini menghadirkan empat narasumber yaitu, Dr.Jemmy Pietersz., Dr.Joseph Ufi SS.,MA  Pejabat Wali Kota Ambon yang diwakili oleh Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Masyarakat, Elki Dilooy serta ketua DPD Asosiasi Perangkat Desa Selaruh Indonesia (APDESI) Rudi Duwila,. FGD ini juga diikuti oleh perwakilan BEM Perguruan Tinggi di Maluku.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
# FGDUrgensiPerpanjanganMasaJabatanKepalaDesa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *