FK Unpatti Melaksanakan Desiminasi Hasil-Hasil Penelitian

Unpatti,-  Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura melaksanakan Kegiatan Desiminasi Hasil Penelitian Fakultas Kedokteran, yang berlangsung Selasa, 21 Maret 2023 di Amaris Hotel Ambon.

Berbagai Hasil Penelitian didesiminasi dan dipresentasikan, terkait

  • Studi Eksplorasi Partisipasi Masyarakat dalam Kampanye Kesehatan di Kota Ambon, dengan Pemateri drg Chritiana R. Titaley MIPH., PhD, Presly Gloving Siahaya S.Kep.,Ners., M.Sc., dr. Stazia Noya., MHPE
  • Penyakit Tidak Menular , pemateri, Dr. dr. Bertha, J. Que., Sp.S., M.Kes
  • Penyakit Tidak Menular, pemateri dr. Filda de Lima., M. Biomed
  • Penyakit Menular, pemateri dr. Vebiyanti, M. Sc., Sp.P
  • Kesehatan Anak, pemateri dr. Ritha Tahitu, M.Kes ,
  • Kesehatan Ibu pemateri  Nathalia E. Kailola., M.Kes
  • Hasil Penelitian pada Desa Binaan , Elpira Asmin, S.KM., M.KEs
  • Kedokteran Kepulauan Pemateri, Parningotan Yosi Silalahi, Sp.S

Diskusi dan Rencana Tindak lanjut  menjadi agenda penting dalam desiminasi hasil penelitian tersebut, dan dipandu oleh dr. Lidya B. E. Saptenno, M.Sc, dan Yuniasih M. J. Taihuttu, S.Si., M.Sc.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Univesitas Pattimura  Dr. E. K. Huliselan. M, Si, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.  “Hal ini menjadi starting point yang sangat baik. Desminasi hasil penelitian merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban perguruan tinggi atas hasil-hasil riset yang dilakukan para peneliti yang tujuannya menyampaikan hasil penelitian yang telah dilakukan kepada masyarakat/ stakeholder.  Dan merupakan salah satu target bagi tercapainya Indikator Kinerja Utama pada Perguruan Tinggi, yang terkait dengan penelitian dimana dibutuhkan rekognisi terhadap hasil-hasil riset dan itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat” ujarnya Lanjut dikatakan Produktivitas karya akademik, riset dan publikasi dari  dosen Fakultas Kedokteran, menjadi salah satu tolak ukur penting di Universitas Pattimura. Kegiatan ini juga merupakan model transformasi pengetahuan bagaimana kita membangun kerjasama dan oleh karena itu dibutuhkan sinergitas antara perguruan tinggi, pemerintah, dunia industri dan masyarakat. Kedepan diharapakan lahirnya produk-produk inovatif dari Fakultas Kedokteran yang bisa masuk dalam domain komersialisasi dalam bentuk industri, sehingga klaster perguruan tinggi akan meningkat, dan yang terpenting hasilnya dapat gunakan oleh masyarakat Huliselan berharap output dari kegiatan diseminasi hasil penelitian nantinya dapat manjadi acuan dalam membagun sinergitas dan kerjasama antar FK Unpatti dengan dinas atau lembaga terkait untuk pengembangan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Maluku.

Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Bertha Que, Sp.S., M. Kes, saat membuka kegiatan mengatakan “apalah artinya sebuah penelitian yang dilakukan jika tidak dipublikasi dan didesiminasikan , dan oleh karenanya hari ini FK melakukan kegiatan desiminasi untuk menyampaikan hasil penelitian yang telah dilakukan”. Kementerian Kesehatan gencar menggaungkan Academic Health System (AHS) yang merupakan model kerjasama terintegrasi antara perguruan tinggi (Fakultas Kedokteran), rumah sakit pendidikan, wahana pendidikan dan/atau pemerintah daerah dalam menyelenggarakan program pendidikan, penelitian, pelayanan kesehatan dan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu. “Itu berarti pelayanan kesehatan tidak boleh dilaksanakan begitu saja harus berubah, harus berkelanjutan dengan tetap melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai institusi, sehingga kehadiran Fakultas Kedokteran dapat memberikan arah bagaimana bersama dengan stakeholder  mengatasi masalah kesehatan di provinsi Maluku khususnya”. Ujarnya Dekan berharap agar semua pihak dapat berkolaborasi dan Fakultas Kedokteran akan terus melakukan berbagai penelitian dan pengabdian kepada masayarakat, dan mengajak semua pihak termasuk seluruh kabupaten/kota  yang  ada ddi Maluku untuk bekerjasama menyediakan data-data yang akurat jika ada hal-hal yang memerlukan perhatian khusus dari dunia pendidikan “semoga desiminasi hasil penelitian yang dilakukan ini dapat bermanfaat” tutupnya.

Kegiatan desiminasi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dan Kota Ambon, BKKBN Provinsi Maluku,  Para Kepala Puskesmas dalam Wilayah  Kota Ambon, Kepala Pemeritah  Negeri Laha, Para Dosen FK dan undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *