KULIAH UMUM SEHARI BERSAMA KEMDIKBUD RISTEKDIKTI DAN BRIN

UNPATTI,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura melaksanakan Kuliah Umum Sehari bersama Kemdikbud Ristekdikti dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang berlangsung di Student Center FKIP, Kamis (09 Maret 2023).

Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU dengan materi “Peran Riset dan Inovasi dalam menunjang kemajuan daerah”., Uuf Brajawidagda, S.T, M.T, Ph.D dengan materi “Pendidikan Vokasi sebagai sarana peningkatan kualitas SDM”., Ir. R. Haidar Alwi, M.T dengan materi “Empiris Pendidikan Vokasional Indonesia dan Enegara Kawasan Timur Tengah”.

Dekan FKIP Unpatti, Prof. Dr. I. H. Wenno, M.Pd dalam arahannya mengatakan, kegiatan yang dilakukan saat ini sangatlah penting untuk kita semua, karena materi yang disampaikan oleh para narasumber tentunya memberikan dampak yang positif. Lanjut dikatakan, pembelajaran yang bermakna bukan hanya didapat saat berada di dalam ruang kuliah/belajar, akan tetapi dapat dilakukan dimana saja. Menjadi guru professional adalah yang dapat mendidik, membimbing dan mendampingi peserta didik agar menjadi generasi emas di tahun 2045 yang sesuai dengan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Prof Wenno menambahkan, pendidikan vokasi sangatlah penting di era saat ini, dan nantinya FKIP Unpatti akan membuka jurusan pendidikan vokasi sesuai dengan bidangnya masing-masing sehingga melahirkn guru yang professional”, ujarnya. Beliau berharap, kuliah umum yang dilakukan ini kiranya dapat memberikan manfaat bagi semua orang.

Sementara itu Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang dilakukan saat ini merupakan kerjasama antara FKIP Universitas Pattimura bersama BRIN. Pendidikan vokasi adalah program pendidikan jenjang perguruan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu dan berorientasi pada keahlian dan kepakaran yang khas serta berkemampuan untuk mempersiapkan tenaga yang mampu bersaing secara global dan siap bekerja. Lanjut dikatakan, orang-orang yang mempunyai kemampuan dasar vokasi, inovasi dan kreativitas dalam  mengelola sumberdaya adalah orang-orang yang mampu bertahan hidup dalam kondisi apapun. Provinsi Maluku juga memiliki banyak potensi sumberdaya alam yang bisa dimanfaat untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan, selain itu juga dapat menjadi sumber pendapatan untuk hidup berkelanjutan. Beliau berharap semoga dengan adanya kegiatan ini maka akan lahirnya wirausaha muda yang siap membuka lapangan pekerjaan.

Turut hadir, Prof. Dr. Ir. M. W. Kisworo, IPU (Dewan Pengarah BRIN)., para mahasiswa Unpatti., para siswa di Kota Ambon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *