Rektor Unpatti Teken Nota Kesepahaman dengan PT. Melchor Tiara Pratama

UNPATTI,- Rektor Universitas Pattimura bersepakat melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan PT. Melchor Tiara Pratama yang berlangsung di  Ruang Kerja Rektor Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Selasa (29 Maret 2023). Tujuan dari kegiatan ini untuk melestarikan lingkugan hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Melchor Tiara Pratama adalah suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia, berkedudukan di Distric 8 – Prosperity Tower Lantai 11 Unit DE, SCBD Lot 28, Jl. Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan 12190. Melchor adalah perusahaan induk (holding company) yang memiliki jaringan usaha di bidang kredit karbon, pengelola konsesi lahan serta bidang teknologi blockchain dan teknologi terkait perhitungan emisi karbon, lokapasar penyeimbangan karbon dan pemantauan program reforestasi yang ditargetkan pada bisnis dan konsumen untuk menciptakan lingkungan bisnis yang lebih transparan dan berkelanjutan.

Mewakili Chairman & Founder Melchor Group Indonesia, Gian Asiara selaku V.P Sustainable Project Managemen, Muller mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Pattimura dan seluruh jajaran yang berkenan hadir, dan berharap semoga kegiatan yang dilakukan ini adalah awal dari sebuah kolaborasi yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Sementara itu melalui aplikasi Via Zoom, Mario Siahaan selaku Manager Direktur berharap kedepan semoga ada bimbingan dan arahan maupun koordinasi yang dibangun agar apa yang dikerjakan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat di Maluku khususnya di Kabupaten Kepulauan Aru.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr, M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilakukan saat ini bertujuan untuk bagaimana mengelola sumberdaya kehutanan terutama hutan bakau yang ada di Kabupaten Kepulauan Aru. Hal ini merupakan tanggungjawab bersama untuk memberdayakan potensi sumberdaya yang ada sehingga melahirkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Karena itu, kepercayaan yang telah diberikan kepada Universitas Pattimura akan dimanfaatkan secara baik. Sesuai dengan Visi dari MoU ini maka kami diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi akademik, senada dengan hal tersebut juga perlu diketahui bahwa Universitas Pattimura memiliki 2 Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yaitu PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya dan PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru”, ujar Prof. Saptenno.

Dikatan pula, penandatanganan yang dilakukan tentunya tidak terlepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, sehingga program-program yang sudah di susun tentunya akan direalisasi dengan adanya dukungan dari PT. Melchor Tiara Pratama.

“Kami akan melaksanakan tugas dan tanggungjawab ini sesuai dengan profesi di bidang masing-masing, dan kedepannya perlu kerjasama yang dibangun di beberapa fakultas yang ada di Universitas Pattimura untuk melestarikan lingkungan hidup tetapi juga dapat memberikan konstribusi bagi masyarakat” kata rektor.

Rektor berharap perlu adanya kolaborasi yang dibangun oleh kedua pihak supaya kedepan dapat bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga dapat mempertahankan eksistensi lingkungan secara berkelanjutan untuk regenerasi masa depan.

Selamat dan sukses atas kerjasama yang dibangun…. Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *