Universitas Pattimura Gelar RAKERPIM 2023

UNPATTI,- Universitas Pattimura menggelar Rapat Kerja  Pimpinan (RAKERPIM) Tahun 2023, berlangsung di ruang rapat senat lantai IV, Rabu (29/3).

RAKERPIM Universitas Pattimura merupakan upaya mengoptimalkan pencapaian output dan outcame dalam pelaksanaan program kegiatan melalui percepatan realisasi penyerapan anggaran, mempertahankan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dan penguatan pelaksanaan zona integritas pada satuan kerja Pendidikan Tinggi dalam mewujudkan Universitas Pattimura sebagai Perguruan Tinggi yang terbuka, fleksibel dan bermutu dalam rangka meningkatkan riset, teknologi sumberdaya manusia.

Dalam laporannya Ketua panitia RAKERPIM Ir. Daniel H Nanuru, M.Si mengatakan rapat Kerja Pimpinan dari unit kerja dalam lingkungan Universitas Pattimura, mengacu pada implementasi sasaran strategi yakni kinerja pengelolaan keuangan efektif, efisien dan akuntabel dengan empat indikator kinerja dan pelayanan prima dengan delapan indikator kinerja dan merupakan indikator utama yang ditetapkan bersama antara Rektor, dengan Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, disertai isu yang berkembang dan Renstra Universitas Pattimura periode 2020-2024 serta memperhatikan tema Pendidikan Nasional. Orientasi laporan mengacu pada 12 indikator utama capaian Kinerja Universitas Pattimura tahun 2022, Realisasi Output dan Anggaran Januari sampai dengan Desember 2022, Penataan rencana program/kegiatan untuk target capaian dan Realisasi tahun 2023. Pada Rakerpim disampaikan pula  realisasi target IKU Rektor tahun 2022, informasi rencana implimentasi program /kegiatan tahun 2023 disertai arah dan kebijakan Rektor tahun 2024, dilanjutkan dengan realisasi target IKU Rektor untuk masing-masing bidang yang akan disampaikan oleh para Wakil rektor, dilanjutkan dengan paparan Realisasi Perjanjian Kerja Rektor dengan para Dekan, Direktur Pascasarjana, Para Ketua Lembaga dan PSDKU, Ketua Tim Remunirasi, Ketua Tim Restra, Ketua Tim Unit Bisnis, Ketua Tim MBKM, dan Ketua Tim Tracer Study.

Rektor Univerisitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum saat membuka Rapat Kerja Pimpinan Universitas Pattimura mengatakan “RAKERPIM 2023 ini merupakan rapat kerja mengakhiri periodisasi Rektor, oleh karenanya saya menyampaikan terima kasih kepada para Wakil Rektor dan seluruh pimpinan atas dukungan dan kerja bersama yang terbangun selama ini bahkan selama dua periode kepemimpinan saya, yang akan berakhir pada 25 November 2023. Berbagai capaian keberhasilan maupun kekurangan menjadi  motivasi untuk tetap bersinergi membangun Univesitas Pattimura menuju Univeritas Pattimura yang unggul”, ujarnya. Lanjut dikatakan Universitas Pattimura dituntut untuk menjawab berbagai tantangan dan isu kedepan melalui berbagai program yang mengarah dan berbasis pada renstra Kementerian Kemendikbudristek, kebijakan menteri, renstra universtas termasuk kebijakan Rektor dan Dekan yang selaras untuk menghasilkan perubahan yang signifikan bagi kemajuan lembaga ini yang berdampak pada pemeringkatan univeristas. Dikatakan pula, Tridhrama perguruan tinggi harus dilaksankan secara teratur, terukur dan berkesinambungan untuk mendukung IKU Rektor, dimana program kerja diarahkan untuk mencapai visi dan misi Universitas Pattimura guna menghasilkan lulusan yang berkualitas. “Peningkatkan akreditasi program studi menjadi fokus kerja ditahun ini. Untuk itu  diperlukan berbagai persiapan infrastruktur dan potensi sumber daya manusia. Program Studi harus terus didorong untuk terus melakukan kerjasama internasional  untuk meningkatkan IKU Universitas “ ujar rektor Pentingnya mempersiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu berkompetisi di dunia kompetitif,  pentingnya peningkatan atmosfir akademik, peningkatan karier dosen, peningkatan literasi dan minat membaca  mahasiswa menjadi konsen bersama.   “Universitas Pattimura harus memberikan impact yang besar bagi kemajuan masyarakat melalui inovasi dan kreativitas”, tutup rektor.

Kegiatan ini diikuti para wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Senat, para Dekan,  Direktur Pascasarjana, para Ketua Lembaga, para Kepala Biro, Ketua Tim Remunerasi, Ketua Satuan Pengawas Internal, Kepala UPT Perpustakaan, Kepala UPT TIK, Ketua Tim Renstra, Ketua PSDKU, Ketua Tim Pendukung IKU Rektor, Ketua Tim MBKM, Ketua Tim Tracer Study, Bendahara Penerima dan Pengeluaran, Staf perencanaan, kerjasama dan SI serta Humas

Melalui RAKERPIM diharapkan, seluruh jajaran pimpinan Unpatti memiliki komitmen atas capaian target kinerja yang telah ditetapkan serta penetapan kebijakan program yang menjadi prioritas dimasa yang akan datang didalam mewujudkan manajeman kelembagaan yang bermutu serta sumberdaya manusia yang kompeten bagi pembangunan bangsa.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#UniversitasPattimuraGelarRAKERPIM2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *