386 Mahasiswa FKIP Ikut Yudisium secara Hybrid

UNPATTI,-  Sebanyak 386 mahasiswa program sarjana (S1) mengikuti kegiatan yudisium yang diselenggarakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura pada Jumat, (28/4/23). Yudisium periode April Tahun 2023 berlangsung di Student Center FKIP Unpatti secara Hybrid.

Kegiatan yudisium tersebut dihadiri Senat FKIP Unpatti, Ketua dan Sekretaris Jurusan, para Ketua Program Studi dan dosen dalam lingkup FKIP Unpatti dan Ketua PSDKU Aru dan Maluku Barat Daya. Acara yudisium dibuka oleh Ketua Senat FKIP, Prof. Dr. Josef Papilaya, M.Si dan dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Dekan FKIP Unpatti Nomor 351/UN13.1.3/SK/2023 bagi 386 lulusan ditandai terlebih dahulu dengan pengukuhan oleh Dekan FKIP, Prof. Dr. I. H. Wenno, M.Pd bagi 24 lulusan predikat “Pujian” atau Cumlaude, masing – masing :

  1. Dwien E. Pattipeilohy, Program Studi Pendidikan Biologi, IP Yudisium 3,84
  2. Nata Adinda BR Kaban, Program Studi Pendidikan Biologi, IP Yudisium 3,82
  3. Dita Aprianti, Program Studi Pendidikan Biologi, IP Yudisium 3,76
  4. Ayu Nur Istiqomah, Program Studi Pendidikan Biologi, IP Yudisium 3,75
  5. Jafar Latuconsina, Program Studi Pendidikan Sejarah, IP Yudisium 3,75
  6. Riwan Ninilouw, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, IP Yudisium 3,74
  7. Sunsati Baluari, Program Studi Pendidikan Sejarah, IP Yudisium 3,74
  8. Chelsea V. Lesbassa, Program Studi Pendidikan Biologi, IP Yudisium 3,72
  9. Elfrida Yanti, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IP Yudisium 3,72
  10. Ersa E. Manafwayak, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, IP Yudisium 3,71
  11. Adwill Pattianakotta, Program Studi Pendidikan Sejarah, IP Yudisum 3,71
  12. Wa Desi Padangga, Program Studi Pendidikan Sejarah, IP Yudisium 3,68
  13. Siti Maimunah Iriyanti Nate, Program Studi Pendidikan Sejarah, IP Yudisium 3,68
  14. Rinly R. Taniwel, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IP Yudisium 3,67
  15. Rio Marthen Wattimena, Program Studi Pendidikan Fisika, IP Yudisium 3,64
  16. Siti Nur Edlin, Program Studi Pendidikan Sejarah, IP Yudisium 3,64
  17. Penina Lakotany, Program Studi Pendidikan Sejarah, IP Yudisium 3,63
  18. Ancelina Idi, Program Studi Pendidikan Sejarah, IP Yudisium, 3,62
  19. Maikel Rumareate, Program Studi Penjaskesrek, IP Yudisium 3,59
  20. Lefiani, Program Studi Pendidikan Biologi, IP Yudisium 3,58
  21. Lilis Seganda, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IP Yudisium 3,58
  22. Romen Tasidjawa, Program Studi Pendidikan Geografi, IP Yudisium 3,57
  23. Linda Lowihan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IP Yudisium 3,56
  24. Carolina Hetharua, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, IP Yudisium 3,55

Mewakili lulusan, mahasiswa Cumlaude Prodi Pendidikan Biologi, Dwien E. Pattipeilohy, mengatakan, tidak terasa kurang lebih 4 tahun lamanya kami menimbah ilmu di FKIP Unpatti. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah, tentunya banyak tantangan dan rintangan yang harus kami lewat. Hal itu terkadang membuat kami dikejar dengan deadline, namun tidak menurunkan semangat kami”, ujarnya. Ia menambahkan, kuliah ibarat permainan dengan berbagi level dan tantangan yang berbeda-beda. Setiap peningkatan level tentunya memiliki tantangan semakin berat dan di akhir level diwajibkan untuk melawan/berusaha. Harapnya bahwa semoga Universitas Pattimura khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semakin maju dan kedepannya dapat melahirkan pendidik-pendidik professional yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Sementara itu Dekan FKIP Unpatti, Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd, M.Pd menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan yang telah berjuang dan menuntaskan pembelajarannya di FKIP Universitas Pattimura. Selain itu para lulusan diberikan kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). Penjelasan Pasal 17 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan Mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus. Pada saat ini standar pendidikan guru sudah ditingkatkan, karena itu dekan berharap agar para lulusan dapat mengikuti PPG Prajabatan sehingga para lulusan FKIP Unpatti dapat memiliki kemampuan merencanakan, kemampuan melaksanakan pembelajaran dan kemampuan melakukan evaluasi sehingga mampu bersaing secara sehat di dunia kerja.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si mengatakan kelulusan dengan nilai tertinggi merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang yang meraihnya. Tidak selamanya seseorang dengan IPK/Peringkat tertinggi dalam kelulusan selalu signifikan dengan kondisi/medan pengabdian yang ada saat ini. Menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh dekan, Dr. Madubun mengatakan bahwa persaingan dalam dunia kerja tentunya semakin ketat. Karena itu kepada 386 lulusan di hari ini yang sudah diberikan kesempatan untuk mengikuti PPG dalam jabatan, haruslah diikuti dengan baik. Beliau menambahkan, ada 8 Indikator Kinerja Utama untuk perguruan tinggi, dan IKU yang pertama dan kedua tentunya memiliki keterkaitan, dan diharapkan semua pihak bersinergi untuk mendukung IKU yang telah ditetapkan.  Beliau berharap nantinya para lulusan juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sehingga dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat. “Jangan pernah melupakan almamater kita, karena almamater adalah ibu asuh yang telah memberikan asi (ilmu) agar berguna ditengah masyarakat”, tutup Dr. Madubun.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan alumni kepada Ketua Ikatan Alumni FKIP Unpatti.

Selamat dan Sukses bagi ke-386 lulusan baru FKIP Unpatti!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SalamFKIPCeria
#YudisiumFKIPApril2023
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *