Penggelaran 67 Lulusan Fakultas Pertanian Unpatti

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Pertanian Unpatti Dalam Rangka Penggelaran 67 Lulusan Sarjana Periode April 2023, dilaksanakan Jumat (28/4) di Auditorium. Lt 3 Fakultas Pertanian, dibuka oleh Ketua Senat Prof Dr. Ir. Rafael Marthinus Osok, M.Sc.

Pengukuhan 67 lulusan dilakukan Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si.,  dilanjutkan dengan penyerahan lulusan kepada Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKAFATANI) Dr. G.S.J Tomatalla, M.Si dan pemberian kartu alumni oleh Ketua IKAFATANI kepada perwakilan lulusan.

Penggelaran lulusan dilakukan kepada  12 lulusan dari Program Studi Agribisnis, 1 lulusan dari Prodi Penyuluhan Pertanian, 18 lulusan dari Prodi Agroteknologi, 2 lulusan dari Prodi Pemuliaan Tanaman, 9 lulusan dari Prodi Kehutananan, 6 lulusan dari Prodi Peternakan, 17 lulusan dari Prodi Teknologi Hasil Pertanian dan 2 lulusan dari Prodi Ilmu Tanah.

Dalam penggelaran ini terdapat 13  lulusan dengan predikat Pujian.  Karni Dewi Sriyanti Zega, S.Pt dan  Britney Putri Siahaya S.TP merupakan lulusan terbaik dengan IPK masing-masing 3,97 dengan masa Studi 3 Tahun 7 Bulan.

Dalam tekad dan kesan lulusan mewakili lulusan, Karni Dewi Sriyanti Zega, S.Pt  yang berasal dari Nias mengisahkan tentang perjumpaannya dengan teman-teman yang datang dari berbagai suku, berbeda agama dan budaya tetapi dapat disatukan menjadi satu di Kampus Orang Basudara. “Kampus dimana kami dididik, kami melalui berbagai proses, ketekunan, kerja keras, kerja cerdas, dan tentunya dukungan doa orang tua,  mempertebal semangat untuk meraih cita dan menghadapi dunia karya dan cipta yang akan kita tapaki. Dan momentum hari ini bukan terjadi begitu saja tanpa dukungan dan dorongan berbagai pihak terutama para pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, pimpinan Jurusan dan Program Studi, dosen, penasehat akademik, pembimbing, tenaga kependidikan dan seluruh sivitas akademika Fakultas Pertanian  serta orangtua dan wali ” ujarnya  “Terima kasih telah memberikan kami ruang dan  kesempatan untuk mengembangkan kreativitas  serta kesempatan dalam mengikuti MBKM sehingga kami boleh mempunyai kesempatan emas belajar dan magang di universitas lainnya”. Kepada rekan-rekan lulusan Karni mengajak untuk tetap membangun simbiosis mutualisme dengan almamater dan terus lakukan pengabdian dengan semangat Hotumese menghadapi berbagai tantangan dan dinamika. “Kami tak gentar melangkah menerobos masa depan, kami siap bersaing dengan ribuan lulusan dari Universitas ternama lainnya “ tekadnya.

Ketua Senat Fakultas Pertanian Prof Dr. Ir. Rafael Marthinus Osok, M.Sc, menyampaikan selamat kepada orang dan para lulusan “kita bangga karena banyak dari lulusan menyandang predikat cumlaud yang berarti dapat menyelesaikan studi kurang dari 4 tahun dan  IPK yang sangat baik dan saya percaya ini juga menjadi kebanggaan dari orang tua “. Ketua Senat juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak baik dosen dan tenaga kependidikan yang telah membantu dan bekerja keras sehingga semua proses pembelajaran dan proses akademik serta administrasi dari para lulusan boleh dilalui dengan baik dan kepada orang tua yang telah mempercayakan fakultas pertanian sebagai tempat dimana para lulusan dididik.  Prof Osok juga memberikan dorongan dan kesempatan kepada para lulusan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang Magister pada berbagai program studi khususnya dibidang pertanian pada Pasca Sarjana Universitas Pattimura, agar kedepannya para lulusan dapat meningkatkan karier dan kualitas lulusan. “Masih banyak hal yang harus dilakukan kedepan sebagai sarjana pertanian, ini merupakan awal dari keberhasilan, kiranya tetap bersemangat untuk melakukan hal –hal baru karena banyak sekali tantangan bukan hanya ketika mencari lapangan pekerjaan tetapi juga tantangan kompetisi dan ini juga merupakan tantangan kepada sivitas akademika faperta untuk peningkatan kualitas lulusan” ujarnya

Dalam kesempatan yang sama Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si, mengatakan ini ditahun 2022 Fakultas Pertanian telah melepaskan 220 Sarjana, namun dari sisi masa studi dan IPK lulusan periode April dikatakan baik. Dekan mendorong agar setiap program studi dapat memperhatikan dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk dapat  menyelesaikan studi kurang dari 4 tahun dan memperoleh predikat terbaik. Lanjut dikatakan lulusan ini memberikan kontribusi untuk Indikator Kinerja Utama dan diharapkan para lulusan dapat segera memperoleh lapangan pekerjaan atau melanjutkan studi sehingga pencapaian IKU 1 dapat ditingkatkan. Fakultas  Pertanian juga telah mencapai IKU diatas rata-rata dan ini merupakan keberhasilan semua pihak termasuk para lulusan. “Kekuatan kita sesungguhnya ada pada program studi oleh karenanya sangat dibutuhkan sinergitas bersama  untuk membangun dan mengembangkan fakultas ini” ujarnya

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr. F. Leiwakabessy, M. Pd dalam sambutannya mewakili Rektor mengatakan penggelaran lulusan memberi arti kita telah menghasilkan buah yang nantinya akan berkarya ditengah kehidupan  masyarakat, keluarga, bangsa dan negara dan tentu saja. Dalam kerangka peningkatan kualitas pendidikan perguruan tinggi kita dikawal oleh standar nasional pendidikan tinggi, kemudian mengantar kita kepada isi kurikulum yang indikator utama adalah bagaimana capaian indikator lulusan berhasil dan ini menjadi starting point dari keberhasilan standar lainnya. Hal ini bisa berhasil dengan dukung sumberdaya manusia (tenaga pendidik) yang kuat, sarana prasarana pembelajaran yang baik dan pengembangan tridarma serta pengembangan inovasi dan kreatifitas. Jika capaian indikator lulusan bisa berhasil maka kita bisa  mencapai presentasi kelulusan tepat waktu yang indikatornya adalah kelulusan mahasiswa  kurang dari 4 tahun dengan IPK diatas 3.00. Oleh karenanya dari 67 lulusan diharapkan harus ada jumlah tertentu yang melanjutkan pendidikan, memperoleh pekerjaan, berwirausaha sehingga menghasilkan outcome zero indeks. “Kita harus menciptakan ekosistim pendidikan dengan  baik, nyaman, aman dan berkualitas serta bermutu dan tentunya membutuhkan sinergitas, kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah, dunia bisnis/industri dan masyarakat serta bagaimana kita mengiklankan keberhasilan kita di media dengan tetap membenahi kualitas dalam setiap proses”.

Saya berharap para lulusan akan berhasil didunia kerja dan melanjutkan pendidikan lebih tinggi serta menjadi wirausaha di bidang pertanian

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Wakil Dekan, Para Pimpinan Jurusan dan Program Studi,  Ketua Dosen, Tenaga Pendidikan dan Orang Tua.

Selamat untuk para lulusan ..

Tunjukan Karyamu.. Pastikan Karsamu..

Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *