Yayan Ode – Pemenang Pilmapres Tingkat Unpatti Tahun 2023

UNPATTI,- Yayan Ode adalah Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Pattimura yang terpilih sebagai Juara dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Universitas Pattimura Tahun 2023, yang berlangsung di Ruang Senat Lantai 4 Rektorat Universitas Pattimura, Rabu (12/04). Kegiatan ini diikuti oleh 9 mahasiswa berprestasi (Mapres) dari 9 fakultas.

Penetapan Juara pada tingkat universitas dilakukan berdasarkan proses penilaian dan verifikasi oleh 10 dewan juri yang adalah dosen Universitas Pattimura dengan mengacu pada 3 indikator yaitu seleksi portofolio / Capaian Unggulan (CU), seleksi Gagasan Kreatif (GK) dan Kemampuan Berbahasa Inggris. Beberapa jenis seleksi tersebut selaras dengan yang dilakukan pada Pilmapres tingkat nasional termasuk pembobotannya.  Selain Yayan Ode, terpilih sebagai Juara 2 adalah Cintiya Pakpahan dari Fakultas Kedokteran dan Juara 3 diraih oleh Ezra Gregoreo Noya dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah ajang kompetisi mahasiswa jenjang studi program sarjana dan diploma yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ada dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  khususnya Pusat Prestasi Nasional yang bertujuan untuk memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi. PILMAPRES tingkat Universitas merupakan kelanjutan dari seleksi PILMAPRES tingkat fakultas, dan pemenang pada lomba ini dimana setiap pemenang pada tingkat fakultas akan mengikuti seleksi pada tingkat universitas dan satu peserta yang lolos pada tingkat universitas akan berlomba ditingkat regional dan nasional.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini mengatakan,  di Era Digitalisasi saat ini mahasiswa telah dipermudah untuk mengakses berbagai informasi, tidak ada lagi yang dinamakan sulit karena semua teknologi menawarkan fasilitas yang serba mudah dan memungkinkan. Sebagai agen pembawa perubahan, mahasiswa harus dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam berekspresi serta menyebarkan ide maupun gagasan yang kreatif dan inovatif untuk pengembangan diri. Penguasaan bahasa asing  menjadi salah satu syarat utama untuk mengikuti Pilmapres di tingkat nasional. Karena itu para peserta harus mengasah kemapuan berbahasa asing, dan mempersiapkan diri dengan baik sehingga nantinya mampu berkompetisi dengan peserta dari universitas lain.

9 Peserta yang mengikuti seleksi ditingkat Universitas dari masing-masing fakultas yaitu :

  1. Adolf Bastian Masawunu dari Fakultas ISIP
  2. Clarissa Tan dari Fakultas Teknik
  3. Yayan Ode dari Fakultas MIPA
  4. Fitriah Husna Karepesina dari Fakultas KIP
  5. Gilbert Marc Baljanan dari Fakultas Hukum
  6. Cintiya Pakpahan dari Fakultas Kedokteran
  7. Haedar Indiryani K. dari Fakultas Pertanian
  8. Ezra Gregoreo Noya dari Fakultas Perikanan dan IK
  9. Loudrik Talabessy dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Saat menutup kegiatan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura, Dr. Jusuf Madubun, M.Si mengatakan Pelaksanaan Mahasiswa Prestasi dilaksanakan setiap tahunnya dan ini merupakan salah satu cara dari Kemendikbudristek khususnya Pusat Prestasi Nasional  untuk menghimpun gagasan kreatif mahasiswa dalam rangka mengembangkan pembangunan nasional. “Hal ini sejalan dengan kebijakan MBKM untuk mengembangkan sumberdaya manusia baik hard skill maupun soft skill. Kegiatan yang dilakukan saat ini juga untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, kolaboratif, berpikir kristis, kreatif, inovasi dan kepemimpinan”, ujar Dr. Madubun. “Finalis yang lolos menjadi pemenang dan melanjutkan ke tingkat regional diharapkan mendapat pendampingan dari  para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, tim  dosen pembimbing dan dewan juri untuk dapat mempersiapkan mahasiswanya agar lolos ke tingkat nasional dan membawa nama harum Universitas Pattimura di tingkat Nasional”, harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam lingkup Universitas Pattimura, Koordinator Kemahasiswaan dan Humas, para dosen pembimbing dan pendamping dari masing-masing fakultas.

“Jangan pernah berhenti untuk belajar. Teruslah mengasah gagasan kreatif dan inovatif ”.

Selamat dan Sukses bagi para pemenang. Hotumese.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PilmapresUnpatti2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *