20 Mahasiswa Unpatti ikuti ONMIPA Tingkat Wilayah

UNPATTI,- 20 orang mahasiswa Unpatti mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) Tingkat Wilayah Tahun 2023. ONMIPA Tingkat Wilayah yang dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Asep Sukmayadi berlangsung secara daring, Senin 22 Mei 2023.

Pelaksanaan ONMIPA  Perguruan Tinggi yang digagas oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek ini, akan dilaksanakan dua tahap yakni  Pelaksanaan ONMIPA Tingkat Wilayah akan berlangsung 23-24 Mei 2023 secara hybrid dan pelaksanaannya menggunakan aplikasi zoom dan Pelaksanaan ONMIPA Tingkat Nasional yang akan berlangsung secara luring di Institut Teknologi Bandung 13-17 Juni 2023.

Setiawan Witaradya selaku Selaku Koordinator Ajang Talenta Sains dan Vokasi BPTI dalam laporannya memberikan apresiasi karena peningkatan peserta ONMIPA yang melakukan pendaftaran pada portal registrasi dan sinkronisasi di aplikasi ONMIPA yakni  untuk bidang Kimia sebanyak 784 mahasiswa, Bidang Matematika sebanyak 1217 mahasiswa,  Bidang Biologi sebanyak 1074 mahasiswa,  dan Bidang Fisika sebanyak 843 mahasiswa . Lanjutnya seluruh tim juru  mengawas dari lokasi yang sama yakni di Institut teknologi Bandung hal ini dimaksudkan agar pengawasan dan koordinasi antar bidang dapat berjalan dengan maksimal.

Institut Teknologi Bandung dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan di maksud dan FMIPA ITB mengkoordinir pelaksanaan kegiatan ini. Dalam sambutannya Dekan FMIPA ITB Prof. Ir. Wahyu Srigutomo, S.Si., M.Si., Ph.D dalam sambutannya mengatakan kegiatan ONMIPA Perguruan Tinggi ini merupakan ajang unjuk talenta bagi para peserta yang bertujuan mengembangkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa di Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Beliau berharap  melalui ajang ini dapat memantik ketertarikan dan minat generasi muda Indonesia pada bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam yang  merupakan ilmu dasar  dan penting bagi kemajuan peradaban teknologi dan kemajaun bangsa. “Minat para peserta yang mengikuti ONMIPA ini diharapkan  akan terus tumbuh  dan melahirkan karya inovasif kedepan, menjadi wahana untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan serta memotivasi dan mendorong prestasi”, ujarnya

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Asep Sukmayadi saat sesaat sebelum membuka kegiatan ini mengatakan ONMIPA Tingkat Wilayah adalah tahapan berprestasi menuju tingkat nasional, dan ini merupakan hal yang membanggakan yang mencirikan bahwa peserta tetap bersemangat dan menggali potensi melalui ajang aktualisasi minat dan keahlian di bidang  matematika, kimia ,fisika, biologi  yang adalah cabang-cabang ilmu dasar yang penting dan menjadi bagian dari kompetensi yang harus  dikuasai oleh calon-calon pemimpin bangsa.

Ikuti seleksi ini dengan sungguh-sungguh dan jadikan ajang ini sebagai kesempatan  mengembangkan diri, karir belajar maupun nantinya karier profesinal yang akan ditekuni. “semua yang telah mengambil bagian pada kegiatan ini adalah  juara karena tidak semua mengambil kesempatan mengikuti ajang ini. Persiapkan diri untuk berkompetisi dengan mengedepankan JUJUR itu JUARA”, harapnya.

20 Mahasiswa  Unpatti yang mengikuti ONMIPA Tingkat Wilayah telah mulai berkompetisi dengan peserta lainnya dari seluruh Indonesia 23-24 Mei 2023 sesuai jadwal yang ditetapkan  pada masing-masing bidang yakni Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika.

Selamat berkompetisi di Bidang Biologi Naomi Sabandar, Alice Chaela Lethulur, Fitriah Husna Karepesina, Benedikta Meisy Maturbongs, Carol Gerarda Novena Renjaan.

Bidang Fisika, Evan Raymond Ferdinandus, Patrick Josua Pattiwael, Debora Fransiska Br Giawa, Selviana Mersi Palimbu, Wanda Fiona Tarehy

Bidang Kimia, Juan Billy Latuharhary, Lisa Fatma Hatuina, Dean Yona Elfa Leuwol, Matthew Adi Honey Amos, Shandy Cakra Prayudha.

Bidang Matematika, Maeya Serang, Jose Junior Titahena, Khadija Karepesina, Fauzan Widiantoro Mussa, Samuel Matahelumual.

Tetap Semangat  JUJUR ITU JUARA

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#20MahasiswaUnpattiIkutiONMIPATingkatWilayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *