FMIPA Unpatti Terima Kunjungan SD Negeri 39 Ambon

UNPATTI,- Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura (FMIPA Unpatti) menerima langsung kunjungan dari SD Negeri 39 Ambon – Sekolah Penggerak Angkatan 1 (Paldam), yang berlangsung di Ruang Unit Produksi TONGKA LANGIT (FMIPA Unpatti), Kamis (25 Mei 2023).

Kunjungan yang dilakukan dalam rangka implementasi kerjasama sekaligus mewujudkan program merdeka belajar terkait kewirausahaan, bagaimana proses pengelolaan pisang menjadi sebuah produk.

“Hari ini kita kedatangan siswa/i dari SD Negeri 39 Ambon – Sekolah Penggerak, dalam rangka kerjasama antara Fakultas MIPA Unpatti dengan SD Negeri 39 Ambon yang berfokus pada pengelolaan tanaman pisang untuk dijadikan sebagai kewirausahaan”, ungkap Dekan FMIPA Unpatti, Prof. Dr. P. Kakisina, M.Si dalam mengawali sambutannya. Dikatakan pula bahwa, dalam kunjungan ini para siswa akan melihat dan mengenal berbagi jenis produk dari Pisang Tongka Langit yang telah dibuat oleh Unit Produksi TONGKA LANGIT (FMIPA Unpatti). Dekan berharap agar kunjungan yang dilakukan dapat mempromosikan produk-produk dari Pisang Tingka Langit sekaligus dapat memotivasi para guru maupun siswa untuk dapat mengkonsumsi Pisang Tongka Langit serta membuat produk baru dari bahan pangan khas Maluku lainnya. “Kedepannya Unit Produksi TONGKA LANGIT (FMIPA Unpatti) akan terus berkembang untuk menghasilkan sejumlah produk baru dari Pisang Tongka Langit”, tutup Dekan.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Terpadu FMIPA Unpatti, Prof. Dr. Dra. Adirana Hiariej, MP juga mengatakan, kedatangan SD Negeri 39 Ambon di FMIPA Unpatti tentunya didasari atas kerjasama yang dilakukan sebelumnya dan tema dari kunjungan tersebut yaitu “Kelola Tanaman Pisang” atau yang dikenal dengan KETAN. “Sebelumnya telah dilakukan Implementation Arrangement antara Fakultas MIPA Unpatti dan SD Negeri 39 Ambon dengan tujuannya sebagai sekolah mitra. Hal ini perlu dilakukan agar dapat memperkenalkan produk-produk hasil dari kewirausahaan yang telah dibuat oleh Unit Produksi TONGKA LANGIT (FMIPA Unpatti) melalui sosialisasi di sekolah”, ujar Prof Hiariej. Dikatakan pula bahwa, produk hasil kewirausahaan dari Pisang Tongka Langit yang dipamerkan saat ini yaitu Aneka Kue dengan varian rasa, Banana Bread, Brownis, Kripik TOLANGIT, Kuping Gajah TOLANGIT, Stik TOLANGIT, Gabin Pisang Kering, Tepung TOLANGIT, Kripik Pisang Asin, Bubuk Pista, Teh Celup Pista yang terbuat dari kulit pisang tongkat langit dan kulit manggis, Jus Sari Pista dengan rasa original dan susu, Mie Pista dan aneka produk lainnya. Beliau berharap kedepannya bukan hanya dilakukan pada lintas fakultas saja akan tetapi dapat dilakukan pada lintas sekolah SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, sehingga produk yang dihasilkan bisa meng-global.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 lebih siswa/i SD Negeri 39 Ambon dan didampingi oleh para guru.

Hotumese!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#ProdukPisangTongkaLangit
#KewirausahaanFMIPAUnpatti2023
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *