Kora-Kora Program Aplikasi Telephone Mobile Untuk Keselamatan Kapal, Pemenang Inovasi Marine Safety Award Tahun 2023

UNPATTI,- keterlibatan suatu perguruan tinggi pada tingkat nasional maupun internasional adalah merupakan bentuk pencapaian dari pelaksanaan tri-dharma yang bermanfaat.  Salah satu bentuk dari tri-dharma pendidikan tinggi adalah kolaborasi riset internasional dengan outcome yang mencapai prestasi yang baik. Riset kerjasama internasional adalah merupakan kegiatan tri-dharma yang dapat meningkatkan prestasi suatu pendidikan tinggi. Selain itu kerjasama yang dibangun melalui riset kolaborasi internasional menempatkan staf pengajar yang terlibat dengan pengalaman serta kualitasnya yang dapat diandalkan.

Tim riset Fakultas Teknik Universitas Pattimura terlibat dalam kegiatan riset kolaborasi internasional antara University College London (UCL) – Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) – Fakultas Teknik Unpatti (UNPATTI) Ambon dan Orela Shipyard (OS) Surabaya. Riset ini didanai oleh The British Council Newton Fund Institutional Links Project yang berfokus pada keselamatan pelaut dan nelayan Indonesia di masa Pandemic Covid-19. Riset ini berlangsung dari Tahun 2021 s/d 2022 serta beberapa publikasi dan kerjasama yang berkelanjutan sampai tahun 2023. Tim riset dari Fakultas Teknik Unpatti berkonsentrasi pada keselamatan nelayan pada kapal-kapal ikan (fishing vessels) akibat dampak Pandemik Covid-19 serta pengembangan lanjut pada aspek keselamatan operasional terutama parameter stabilitas kapal.

Kegiatan riset ini kemudian dikembangkan terhadap aspek keselamatan stabilitas kapal perikanan yang merupakan tugas utama dari tim riset Unpatti Ambon. Aspek keselamatan kapal perikanan ini dikembangkan secara intensif oleh Tim UCL dan Tim Unpatti dengan menghasilkan suatu Program Aplikasi Telephone Mobile. Nama dari program Aplikasi Telephone mobile untuk control keselamatan kapal yaitu Kora Kora. Kora Kora merupakan nama dari kapal laut tradisional Maluku type 3 lambung (trimaran. Aplikasi program kora kora ini diuji coba di laut (sea trial) tanggal 19 sampai 20 Oktober 2022 pada kapal purse seiner di Desa Hitu yang melibatkan semua tim riset UCL – Unpatti – ITS – Orela Shipyard.

Setelah melalui beberapa modifikasi kemudian program ini dikembangkan lebih lanjut untuk aplikasi pada berbagai type dan dimensi kapal di masa depan. Program ini kemudian ditetapkan oleh The Royal Institution of Naval Architects (RINA) London UK sebagai pemenang inovasi Marine Safety Award tahun 2023. Pemberian award diberikan pada acara pertemuan tahunan (annual meeting) oleh RINA 2023 yang disponsori oleh badan perkapalan internasional United Kingdom, Lloyd’s Register, 27 April 2023.  Penerimaan penghargaan ini diwakili oleh tim riset UCL Prof Thomas Giles dan Dr Andrea Grech La Rosa. Tim riset Unpatti yang diwakili oleh ketua Dr. Wolter R Hetharia, M.App.Sc FRINA hadir pada pertemuan berikutnya untuk diskusi bersama tim riset UCL untuk beberapa kegiatan riset tahun mendatang, diantaranya: Aplikasi program telephone mobile untuk berbagai type kapal perikanan dan kapal lainnya di masa depan. Beberapa issue riset tentang keselamatan kapal kapal ikan purse seiner sewaktu operasi penangkapan serta efesiensi daya motor induk kapal perikanan dibahas dalam acara diskusi tersebut.

Inovasi di segala bidang adalah penyumbang utama lahirnya peradaban baru.

Tetap semangat.. Teruslah berkarya, hasilkanlah inovasi agar dapat bermanfaat bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan dan bagi kepentingan masyarakat.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Kora-KoraProgramAplikasiTelephoneMobileUntukKeselamatanKapalPemenang InovasiMarineSafetyAwardTahun2023

One comment

  1. Kami ikut bangga dengan Tim dari Unpatti setelah memenangkan penghargaan bergengsi ini. Ini menunjukkan bahwa Unpatti unggul dalam hal teknologi kemaritiman, sesuai dengan tipografi area di mana Unpatti berada. Patut menjadi contoh.
    Keselamatan atay marine safety sangat penting bagi negara maritim seperti Indonesia yang memiliki luas permukaan laut yang begitu. Mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi positif bagi perbaikan keselamatan maritim negara kita.

    Sekali lagi selamat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *