Mahasiswa Fakultas Hukum Roadshow Studi Independen MBKM

UNPATTI,- Sebanyak 50 mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti Kelas R2.D Semester 2 ikuti Roadshow Studi Independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Provinsi Maluku dan Kantor Komisi Yudisial Republik Indonesia Penghubung Wilayah Maluku. Rombongan mahasiswa ini didampingi dosen penanggungjawab mata kuliah Hukum Tata Negara, yang juga merupakan Ketua Bagian Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Dr. Renny H. Nendissa, S.H, M.H bersama dosen pendamping Ronny Soplantila, S.H, M.H.

Rombongan disambut Kepala Kantor Perwakilan DPD Maluku bersama anggota DPD RI beserta staf, dan Koordinator Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Maluku beserta staf pada Rabu, 10 Mei 2023. Roadshow dibuka oleh dosen penanggungjawab mata kuliah Hukum Tata Negara Dr. Renny H. Nendissa, S.H, M.H.

Dalam sambutan sekaligus membuka roadshow itu, dosen penanggungjawab mata kuliah Hukum Tata Negara Dr. Renny H. Nendissa, S.H, M.H mengatakan, menjawab program pemerintah tentang belajar di luar kampus yakni MBKM, maka perguruan tinggi Fakultas Hukum Unpatti yang telah berakreditasi unggul hadir untuk menjawab, mempertahankan serta meningkatkan keunggulan menuju ankreditasi internasional. Maka sebagai dosen dituntut untuk melakukan inovasi dan kreativitas sebagai bagian dari metode pembelajaran untuk mahasiswa agar dapat memahami.

Dikatakan juga, dua lembaga yang disambengi dalam roadshow ini adalah Komisi Yudisial dan Perwakilan DPD RI Maluku. Dari kunjungan ini Nendissa berharap agar mahasiswa dapat memahami apa yang disampaikan langsung oleh praktisi yakni Anggota DPD RI Maluku, berbagi pengalaman dan sharing ilmu pengetahuan. Lanjut dikatakan, kebijakan MBKM memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar kelas.

Dalam kunjungan tersebut mahasiswa sangat antusias dalam menanggapi materi yang disampaikan oleh Anna Latuconsina, S.H, S.Ikom Anggota DPD RI Dapil Maluku maupun Amirudin Latuconsina, S.H, M.H sebagai Koordinator Penghubung KY Wilayah Maluku. Dalam materinya, Anna Latuconsina, S.H, S.Ikom menyampaikan tentang keberadaan lembaga DPD RI dengan kewenangan maupun fungsinya dengan berbagai hambatan yang ada dan berbagai isu-isu menarik untuk dapat dikaji secara langsung baik oleh mahasiswa maupun para dosen. Anna Latuconsina juga memberikan apresiasi atas roadshow yang dilakukan oleh Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Pattimura.

Sementara itu, Amirudin Latuconsina, S.H, M.H menyampaikan materi tentang mengenal komisi yudisial dan penghubung komisi yudisial. Para mahasiswa sangat antusias dalam menanggapi materi yang disampaikan. Latuconsina memberikan apresiasi atas kunjungan ini, dan berharap agar kerjasama ini akan terbangun melalui berbagai kegiatan yang dilakukan antar Komisi Yudisial dan Fakultas Hukum Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *