Mahasiswa Unpatti Ikuti Program MAGENTA BUMN

UNPATTI,- Indikator kedua dari 8 Indikator Kinerja Utama dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi tolak ukur atas pencapaian perguruan tinggi adalah mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Pengalaman di luar kampus ini penting sebagai media untuk memberi bekal keterampilan dan keahlian kepada mahasiswa setelah lulus, sehingga diharapkan menjadi  lulusan yang memiliki kompetensi baik dalam dunia kerja. Keterampilan yang dimiliki akan mendukung mereka mendapatkan pekerjaan sekaligus meningkatkan prestasi selama bekerja di perusahaan, baik swasta maupun di pemerintahan. Salah satu bentuk pengalaman diluar kampus adalah mengikuti Magang.

Dua mahasiswa Universitas Pattimura Ambon, La Ode Sultan Ali dari Program Studi  Ilmu Komunikasi FISIP dan Aris Munandar dari Jurusan Manajemen FEBIS  berkesempatan mengikuti program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) yang diinisiasi Kementerian BUMN di Lembaga Kantor Berita Nusantara (LKBN) Antara Biro Maluku, selama 3 bulan dan mendapatkan pembekalan soal  penulisan berita, pengambilan foto dan video  jurnalistik hingga peliputan langsung ke lapangan.

Program Magang dan Studi Independen bersertifikat  merupakan salah satu indikator penunjang  IKU dimana Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengasah dan mendapatkan kemampuan, ilmu pengetahuan yang relevan dan terlibat langsung dalam aktifitas tempat magang, dengan cara bekerja dan belajar secara langsung dalam proyek atau permasalahan riil. dimana nantinya dapat  dikonversi ke SKS Mahasiswa.

Dilansir dari Kantor Berita Antara Maluku, Kepala Biro Antara Maluku Ikhwan Wahyudi mengatakan  “Magenta ini merupakan salah satu program dari Kementerian BUMN dengan  Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bersinergi dengan seluruh BUMN di Indonesia untuk  memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa dan fresh graduate baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri,” kata, Kamis.

Ia menyampaikan lewat program Magenta,  mahasiswa dan dapat mengaplikasikan semua ilmu yang telah didapat dengan cara mempraktikkan secara langsung di dunia kerja sehingga mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan  tentang standar kerja profesional sebagai wartawan di LKBN Antara.

Ia berharap semoga pengalaman yang didapat dari program magenta  menjadi bekal berharga dalam menjalani jenjang karir sesungguhnya untuk meraih masa depan gemilang.

Terus Berkarya Mahasiswa Unpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *