PELANTIKAN DAN RAPAT KERJA SEKALIGUS HUT GUDEP PATTIMURA 005 – 006 PERIODE 2023 – 2024

UNPATTI,- Pelantikan Pengurus Gugus Depan Pattimura 005 – 006 Periode 2023 – 2024 dan Rapat Kerja Sekaligus memperingati HUT ke-40 Gugus Depan Pattimura berlangsung  di Aula Rektorat Universitas Pattimura, Rabu (31 Mei 2023).

Kegiatan yang mengusung tema “40th Racana Unpatti Karya Nyata Membangun Pramuka Perguruan Tinggi” ini diikuti oleh Pembina UKM Pramuka Gudep Unpatti, Purnabakti Gudep Pattimura, para Ketua UKM dalam lingkungan Unpatti dan para Pengurus UKM Pramuka Unpatti Tahun 2023.

UKM Pramuka merupakan sebuah organisasi kepemudaan dan kepanduan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam kepramukaan mencakup bidang-bidang pendidikan dan pelatihan kepramukaan, keriwausahaan, penguatan keilmuan bidang kepramukaan dan penguatan SDM.

“Tak Terasa waktu berlalu begitu cepat, dimana kita sudah melakukan tugas dan tujuan kita secara konstitusional sesuai dengan visi dan misi kita bersama. Atas dasar demokrasi yang menjadi barometer kita dalam berorganisasi, di hari ini tepat tanggal 31 Mei 2023 merupakan akhir dari masa periode kepemimpinan saya. Apa yang telah terjadi selama ini, semuanya itu adalah proses perjalanan dan merupakan kerangka waktu yang kita sudah lalui bersama untuk organisasi ini khususnya Gugus Depan Pattimura”, ujar Ketua Dewan Demisioner, Rizqi Ahmad Lewenussa dalam mengawali sambutannya. Lanjut dikatakan bahwa, semua yang dilakukan dan diputuskan dalam memimpin organisasi ini tentunya berdasarkan pada pola pembinaan pramuka penegak pandega serta melalui pertimbangan dari seluruh pengurus, semuanya itu demi dan untuk kemajuan organisasi ini. Diakhir sambutannya, Rizqi mengucapkan SELAMAT kepada La Ode Imran dan Ummi Dalila Temarwut yang terpilih sebagai Ketua Dewan Putra dan Putri Gudep Pattimura Periode 2023 – 2024. “ Semoga di era kepemimpinan yang baru ini, Gudep Pattimura dapat berkembang dari yang sebelumnya. Teruskanlah perjuangan kami untuk mengembangkan gudep ini dan menjunjung almamater tercinta Universitas Pattimura. Bermimpilah yang tinggi karena kita adalah Praja Muda Karana”, harapnya.

“Ingatlah pesan ini : Pramuka tidak akan terkejut, dia tahu apa yang harus dilakukan ketika sesuatu yang tak terduga terjadi”, tutupnya.

Sementara itu, Ir. Aminudin Umasangaji, M.P selaku Pembina Gugus Depan Pattimura 005 – 006 dalam sambutannya mengatakan, usia ke-40 tahun merupakan usia yang bagi seorang manusia telah memasuki fase puncak matangnya berbenah diri untuk lebih dewasa, arif dan bijaksana serta tidak lagi berbuat kesalahan. Pelantikan badan pengurus UKM Pramuka Unpatti pertanda semakin sehat organisasi mahasiswa di Kampus Unpatti dan pertumbuhannya semakin bertambah dengan munculnya UKM-UKM baru, yang pada mulanya hanya terdapat 3 UKM yakni UKM Resimen Mahasiswa, Pramuka dan Lembaga Da’wa Kampus, dan saat ini telah terbentuk belasan UKM di KampusOrang Basudara. Ir. Aminudin menjelaskan bahwa Gugus Depan merupakan sebuah lembaga yang berada pada tempat pendidikan yaitu sekolah/kampus dengan tujuan untuk melatih peserta didiknya untuk berkreatif dan inovatif yang sesuai dengan keilmuan bidang kepramukaan. “Jadi gugus depan itu miliknya Kwaran/Kwarcab yang berhak untuk menarik gugus depan itu sendiri, menghapus gugus depan jika tidak aktif”, katanya.

Beliau berharap semoga dengan dilantiknya Pengurus UKM Pramuka Periode 2023 – 2024 ini maka teruslah berkarya sesuai dengan Moto kalian “Dharmaku Kubaktikan Baktiku Kudharmakan”.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni sekaligus Pelaksana Harian Gudep Pattimura, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutannya mengatakan, dalam sebuah organisasi tentunya membutuhkan kerjasama antar tim untuk setiap program yang sudah dirancangkan agar dapat terus berjalan. Setiap organisasi juga tentunya akan memiliki kepemimpinan yang berubah-ubah, dan dalam sebuah kepemimpinan tersebut tentu akan dihadapi dengan kekurangan maupun kesalahan. “Menjadi seorang pemimpin diibaratkan seperti air laut, dimana masalah dan juga tantangan akan terus dihadapi. Senada dengan itu juga pemimpin harus menjadi pengayom serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada staf/bawahan”, ujar Dr. Madubun. Beliau menambahkan, menjadi seorang pemuda/mahasiswa yang tergolong dalam Pramuka tentunya harus berkarya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Tema yang diangkat saat ini juga tentunya mengajak kita semua untuk terus berkarya dalam membangun pramuka di Perguruan Tinggi khususnya di Universitas Pattimura.

“Bergabung dalam organisasi ini tentunya akan membentuk karakter seseorang sehingga kedepannya akan lahir calon pemimpin bangsa yang memiliki moral dan karakter yang baik”, imbuhnya.

Beliau berharap¸ semoga pengurus yang baru dilantik ini dapat memperbaiki setiap kekurangan yang ada sehingga kedepannya dapat bersinergi dalam pengembangan dan kemajuan Gudep Pramuka. Selain itu juga dapat menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Acara dilanjutkan dengan Perayaan Lilin Ulang Tahun ke-40 Gudep Pattimura.

Selamat dan Sukses bagi pelantikan Pengurus UKM Pramuka. Jayakah selalui di usia yang baru. Hotumese!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#GudepPattimura2023
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *