Pencanangan Dies Natalis ke-41 FPIK

UNPATTI,- Pencanganan Dies Natalis ke-41 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura dengan tema “Mewujudkan Tata Kelola Kelautan dan Perikanan Berbasis Blue Economy”, Jumat (26 Mei 2023).

Pencanangan ini diawali dengan Jalan Pagi, Senam Sehat dan Pencanangan Dies Natalis yang diikuti oleh Sivitas Akademika, Tenaga Kependidikan dalam lingkup FPIK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan FPIK

Ketua Panitia, Ir. Lilian M. Soukotta, M.P dalam laporannya mengatakan perayaan puncak acara Dies Natalis ke 41 FPIK akan berlangsung Tanggal 7 September 2023.“Ada beberapa kegiatan yang sudah ditetapkan dalam rangka Dies Natalis ke-41 FPIK tahun 2023 ini yang diawali dengan pencanangan dimana hari ini kita lakukan Jalan Pagi, Senam Sehat. Selanjutnya sesuai agenda akan dilakukan Aksi Bersih Pantai (Rumah Tiga) dan Kampus Lomba Essay, Video Kreatif dan Fotografi untuk SMA sederajat serta Seminar dan Lokakarya Nasional dengan tema “Blue Economy” tetapi juga Pengabdian kepada Masyarakat”, ujar Ir. Soukotta, M.P. Dikatakan pula bahwa di bulan Agustus akan berlangsung kegiatan Lomba Basket antar Fakultas, Lomba Pinalty Kick, Lomba Menyanyi Tunggal dan Vocal Group, Lomba Debat Mahasiswa antar fakultas dan Expo FPIK. Dan nantinya di bulan September akan berlangsung Temu Alumni FPIK dan perayaan  Puncak Dies Natalis ke-41 pada tanggal 7 September 2023. Ir. Soukotta, M.P berharap seluruh rangkaian kegiatan yang daiagendakan dapat berjalan dengan lancar. “Tentunya kedepan melalui kegiatan yang akan diselenggarakan menjadi peluang dalam mempromosikan potensi yang ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan”, tutup Ir. Soukotta, M.P

Dekan FPIK, Dr. Y. Lopulalan, M.Si dalam sambutannya mengatakan, tema yang diangkat dalam dies natalis kali ini tentunya sangat relevan. Kata Blue Economy merupakan konsep optimalisasi sumber daya perairan yang bertujuan untuk pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kegiatan yang inovatif dan kreatif dengan tetap menjamin keberlanjutan usaha dan kelestarian lingkungan. Blue Economy juga saat ini sedang menjadi icon penting di Bidang Kelautan dan Perikanan.   “Sebagai manusia yang melahirkan sumberdaya alam tentunya memiliki tantangan tersendiri dalam melahirkan inovasi dan kreativitas untuk mewujudkan Tata Kelola kelautan dan Perikanan Berbasis Blue Economy . Apapun yang dilakukan dalam pengolahan perikanan dan kelautan harus bermuara kepada kesejahteraan masyarakat sehingga mereka dapat merasakan inovasi dan kreativitas yang kita hadirkan”.”, ujar Dr. Lopulalan. Dekan berharap agar terbangun sinergitas sehingga kegiatan akademik yang dilaksanakan pada FPIK dapat merealisasi Indikator Kinerja Utama yang mendukung pengembangan FPIK serta Universitas Pattimura.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Jantje Tjiptabudy, SH., M.Hum, dalam sambutannya memberikan dorongan bagi pengembangan FPIK kedepan dengan terus melakukan berbagai strategi untuk mewujudkan FPIK yang unggul di setiap program studinya. “Melalui Tema Dies ke-41  Mewujudkan Tata Kelola Kelautan dan Perikanan Berbasis Blue Economy, FPIK diharapkan memberikan kontribusi bagi pengelolaan sumberdaya laut sesuai bidang ilmu yang mampu mengurangi risiko kerusakan  lingkungan dan kelangkaan sumber daya lingkungan terutama sumber daya laut di Maluku”, ujarnya Dengan Pencanangan Dies Natalis ke-41 Tjiptabudy berharap FPIK lebih maju  kedepan dan bisa melaksanakan berbagai hal yang berkaitan dengan keilmuan terutama tentang pengelolaan sumberdaya laut dengan tetap memperhatikan kebijakan Blue Economy.

Selamat dan Sukses atas terselenggaranya Pencanangan Dies Natalis ke-40 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura. Hotumese!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PencananganDiesNataliske41FPIKUnpatti
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *