PRODI DOKTOR ILMU KELAUTAN PASCASARJANA UNPATTI GELAR FGD REKONSTRUKSI KURIKULUM

UNPATTI,- Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kelautan Pascasarjana Universitas Pattimura  menggelar Focus Group Discussion (FGD) Rekonstruksi Kurikulum secara Hybrid, berlangsung di Gedung Pascasarjana Universitas Pattimura, Jumat, (12/5).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur Pascasarjana Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, DR. M. Nindatu, M.Kes. FGD ini menghadirkan para narasumber Prof. DR. Fredy Leiwakabessy, M.Pd (Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura), Prof. DR. Mulyono Baskoro, M.Sc (Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Keluatan IPB University), dan Prof. Dr. Ir. Audy Syahailatua, M.Sc (Guru Besar BRIN) dan dimoderatori oleh DR. J. Abrahamsz, S.Pi, M.Si (Koordinator Program Studi Manejemen Sumberdaya Kelautan dan Pulau-Pulau Kecil Pascasarjana Universitas Pattimura).

7 rekomendasi yang lahir dari FGD rekonstruksi kurikulum yakni :

  1. Peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  2. Perkembangan dan perubahan yang berkaitan dengan dinamika pembangunan maupun IPTEKS Kelautan dan kepulauan
  3. Peran Perguruan Tinggi dalam pengembangan IPTEKS dan Inovasinya
  4. Pengembangan Kurikulum berbasis pada karakteristik wilayah yakni kelautan dan kepulauan
  5. Potensi daerah serta karaketristik wilayah haruslah menjadi dasar dalam menyusun visi, misi, tujuan dan strategis program studi
  6. Peningkatan ketrampilan dan kemampuan komunikasi ilmiah, membaca dan menganalisis hasil riset
  7. Kajian apakah kurikulum yang disusun adalah kurikulum by course, by research atau gabungan antara by course dan by research.

Kegiatan FGD diikuti oleh Dekan, Pimpinan Jurusan dan Progam Studi, dosen dalam lingkup Fakultas Perikanan dan Ilmu Keluatan Unpatti, Koordinator Program Studi serta mahasiswa S3 dan S2 Ilmu Keluatan Pascasajana, stakeholder eksternal dan internal yang berasal dari berbagai lembaga terkait,  baik lembaga birokrat, penelitian, teknis, perguruan tinggi  dan asosiasi ilmiah yang berada di daerah Maluku maupun luar daerah Maluku.

Diakhir FGD  DR. Ir. Simon Tubalawony, M.Si, selaku Pelaksana Tugas Koordinator Program Studi Doktor Ilmu kelautan Pascasarjana Universitas Pattimura memberikan apresiasi dan  terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, “ Kirannya FGD ini  bisa memotivasi kemajuan Program Studi Doktor Ilmu Keluatan Pascasarjana Universitas Pattimura” tutupnya.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#ProdiDoktorIlmuKelautanPascasarjanaUnpattiGelarFGDRekonstruksiKurikulum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *