Roadshow Putri Pariwisata Maluku 2023

UNPATTI,- Dinas Pariwisata Provinsi Maluku melalui timnya menggelar Roadshow Putri Pariwisata Maluku 2023 bagi mahasiswi Universitas Pattimura, yang berlangsung di Lantai 2 Aula Rektorat Universitas Pattimura, Jumat (12 Mei 2023). Kegiatan ini menghadirkan narasumber Angel Rumihin (Putri Pariwisata Maluku dan 4th Runner UP Putri Pariwisata Indonesia 2019).

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pimpinan Universitas Pattimura atas kesediaan tempat dan juga mahasiswa untuk menghadiri kegiatan Roadshow Putri Pariwisata Maluku 2023. Universitas Pattimura merupakan salah satu universitas yang dipilih untuk mengadakan kegiatan tersebut”, ujar Yothi Noya dalam mengawali sambutannya. Ia berharap semoga lewat kegiatan ini ada wakil-wakil dari Universitas Pattimura yang bersedia mengikuti pemilihan Putri Pariwisata Maluku pada bulan Juli 2023.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun M.Si dalam sambutannya mengatakan Kegiatan Roadshow Putri Indonesia yang baru pernah dilaksanakan di Universitas Pattimura perlu mendapat apresiasi. “Univeristas Pattimura pernah melakukan pemilihan Duta Mahasiswa Anti Narkoba dan keinginan kami kedepan Unpatti melakukan pemilihan Nyong dan Nona Kampus oleh karenanya kami perlu melakukan kerjasama dan berkolaborasi dengan dinas pariwisata provinsi kota Ambon maupun provinsi Maluku untuk dapat menghelat pelaksanaan event serupa”. Dr. Madubun berharap agar para mahasiswa dapat memanfaatkan talenta yang dimiliki untuk bisa mengikuti berbagai agenda seperti ini baik dari tingkat universitas,  daerah, regional maupun nasional bahkan internasional. “Rendah diri adalah kekelahan terbesar padahal tuhan memberikan kepada kita potensi yang luar biasa. Sumberdaya yang dimiliki jika dipadukan sengan sumberdaya alam, budaya, sejarah, akan menjadi sebuah  kekuatan termasuk kekuatan ekonomi”, ujarnya.  Lanjutnya generasi muda memiliki peran untuk menjadi pemimpin di masa sekarang dan bermanfaat bagi orang lain.  Beliau mengajak mahasiswa untuk tidak membuang buang kesempatan untuk berkarya terus dan berharap agar muncul puteri parawisata dari kampus ini, dan mengangkat Maluku dan potensi parawisatanya untuk dikenal dunia.

Angel Rumihin dalam menyampaikan materinya mengatakan bahwa Universitas Pattimura adalah salah satu kampus di Maluku yang terpilih untuk kegiatan Road Show. Putri Pariwisata Provinsi Maluku merupakan sebuah ajang pemilihan putri terbaik yang berasal dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku. Dimana nantinya putri yang terpilih akan mewakili Provinsi Maluku pada ajang pemilihan Putri Pariwisata Indonesia yang diselenggarakan oleh yayasan El Johan Pageant. Lanjutnya, Pemilihan Putri Pariwisata Provinsi Maluku bertujuan untuk memperkenalkan Maluku lebih dekat kepada masyarakat Indonesia melalui Putri Pariwisata Provinsi Maluku. “Di Tahun 2020, Universitas Pattimura melalui Fakultas Kedokteran menghasilkan Putri Pariwisata Maluku dengan mahasiswa atas nama Julia Vika Gerliane Silooy. Pada saat berkompetisi ditingkat nasional, Julia berhasil meraih juara 2 atau 1st RU Putri Pariwisata Indonesia 2020 serta meraih gelar Miss Culinary Tourism Indonesia”, kata Angel Rumihin. Angel berharap, lewat kegiatan ini maka akan melahirkan putri-putri yang berkualitas dan siap berkompetisi ditingkat nasional serta membanggakan Universitas Pattimura di tingkat Provinsi Maluku.

Turut Hadir Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti., para dosen dalam lingkup Unpatti, Leinda Wattimena (Puteri Indonesia Maluku 2018)., para tim pemilihan Putri Pariwisata Maluku, para mahasiswa Unpatti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *