Visitasi Pembukaan Program Studi Pendidikan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura

UNPATTI,- Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) melakukan visitasi dalam rangka penilaian kelayakan pembukaan Program Studi Pendidikan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura, berlangsung diAuditorium Kedokteran Unpatti, Kamis(4/5).

Tim asesor yang melakukan visitasi yakni, dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS, Ketua Konsil Kedokteran Gigi Indonesia., Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono, M.Biomed, PBO, Ketua Konsil Kedokteran Gigi., Dr. Vonny Nouva Tubagus, Sp.Rad(K), Ketua Divisi Pendidikan konsil Kedokteran Gigi beserta TIM, turut hadir para Wakil Rektor Unpatti., para Wakil Dekan FK Unpatti., Asisten III Pemerintah Daerah Provinsi Maluku., Penjabat Bupati Maluku Tengah., DPRD Provinsi Maluku., TIM FKG UNHAS selaku pendamping pendiri Prodi Kedokteran Gigi Unpatti serta Tim pendirian Prodi  Kedokteran Gigi Unpatti.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada TIM KKI untuk melakukan visitasi berkaitan dengan kesiapan pembukaan prodi kedokteran gigi fakultas kedokteran unpatti. Apa yang dilakukan hari merupakan bentuk komitmen unpatti bersama pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya, untuk menghasilkan sumber daya manusia di bidang kesahatan yang berkualitas. Rektor berharap, dengan dibukanya Program Studi Kedokteran Gigi Unpatti, dapat memberikan kesempatan  kepada anak-anak daerah untuk melanjutkan pendidikan  sehingga mereka dapat mengabdi di berbagai pulau yang di Provinsi Maluku.

dr. Pattiselanno Roberth Johan, MARS selaku Ketua Konsil Kedokteran Gigi, menjelaskan tentang tugas dan fungsi KKI bertanggung jawab terkait mutu dan standarnisasi pendidikan dokter dan dokter gigi yang harus menjadi acuan dari fakultas kedokteran didalam pelaksanaan pendirian prodi maupun pelaksanaan proses pendidikan dan pembelajaran sehingga semua proses dapat berjalan dengan kualitas yang tinggi untuk menghasilkan SDM yang kompeten.

Ketua Konsil Kedokteran Gigi, Prof. Dr. drg. Melanie Hendriaty Sadono, M.Biomed, PBO, mengatakan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Praktek Kedokteran Nomor 29 Tahun 2004, KKI diamanatkan untuk melakukan visitasi terhadap calon prodi program kedokteran gigi sesuai dengan peraturan konsil yang ada. KKI wajib untuk melihat kesiapan mulai dari kurikulum, penjaminana mutu, pengelolaan, sarana prasarana dan penerimaan mahasiswa harus terdata untuk dikelurkannya rekomendasi. Selain itu, komitmen  dan dukungan dari stakehorder yakni pimpinana Unpatti, dukungan pemeritah daerah Provinsi, Kabupaten/Kota dan stakeholder menjadi penilaian. dan hari ini kami telah melihat bahwa komitmen dari seluruh pimpinan dan stakeholder telah terbangun dengan baik.

“KKI telah melakukan proses desk evaluation yang sudah dimulai kurang lebih satu tahun, perbaikan-perbaikan telah dilakukan oleh Tim calon prodi kedokteran gigi unpatti, sehingga hari ini kami melakukan visitasi secara langsung dilapangan, untuk menentukan apakah layak atau tidaknya kami mengelurkan rekomendasi. Dan penilaian kami  calon prodi  Kedokteran Gigi Unpatti memang sudah memiliki kesiapan tinggal membangun rumah sakit pendidikan. Semua proses terus berlangsung dan keomitmen yang telah dibangun juga harus dijaga sehingga nantinya untuk membangun rumah sakit gigi,mulut pendidikan. Setelah kami mengelurkan rekomendasi, ditahun berikutnya kami akan melakukan supervisi apakah sudah ada kemajuan, bagaimana penerimaan mahasiswanya, pengembangan sarana prasarana dan pendidikannya” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Konsil Kedokteran Indonesia juga memiliki tanggung jawab untuk memajukan  wilayah-wilayah di Indonesia, apa yang disampaikan dan kami temukan hari ini  dapat menjadi langkah ke depan agar calon prodi ini dapat berkembang dengan baik dan sejalan dengan visi dan misi fakultas kedokteran maupun insitusi yakni peningkatan mutu Tridarma Perguruan Tinggi yang berorientasi laut pulau serta berdaya saing Nasional dan Internasional tahun 2035 sehingga harapannya, Prodi ini nantinya mampu menghasilakan generasi anak bangsa yang berkualitas di bidang kedokteran dan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes mengatakan, semua proses visitiasi telah dilaksanakan hari ini untuk melihat sejauh mana kesiapan pembukaan program studi kedokteran gigi fakultas kedokteran unpatti. dari hasil yang diperoleh dari visitasi ini ada beberapa tambahan dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan itu akan dilakukan perbaikan. “Yang terpenting jika rekomendasi telah dikeluarkan maka  nantinya di tahun pertama, rumah sakit gigi,mulut sudah harus di bangun” ungkpnya. Lanjut dikatakan, Tim Visitasi yang hadir hari ini mengapresiasi dukungan yang di berikan dari Pimpinan Institusi, pemerintah Provinsi Maluku, pemerintah Kota Ambo/Kabupaten, DPRD Maluku dan semua  stakeholder dalam mendukung pembukaan Prodi Kedokteran gigi Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura menjadi  komitmen bersama untuk membangun pelayanan kesehatan di Provinsi Maluku. Dekan juga menambahkan, dengan dibukanya prodi kedokteran gigi maka membuka pilihan baru bagi anak-anak daerah untuk dapat mengembangkan diri di dunia kesehatan, dan  adanya peningkatan sumber daya manusia untuk melakukan pelayanan kesehatan khususnya kesehatan gigi bagi masyarakat  kepulauan Maluku. “Tantangan  geografis menjadi faktor minimnya layanan kesehatan  sehingga perlu adanya dokter yang menetap di pulau-pulau Maluku sehingga  semua masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan khususnya kesehatan gigi” harapnya.

Dalam visitasi ini, disampaikan pemaparan dari calon prodi FSKG Unpatti  oleh Ketua TIM Pendirian prodi Kedokteran Gigi Unpatti , drg. Christiana R. Titaley, MIPH., Ph.D, peninjauan sarana dan prasarana di fakultas kedokteran dan  poli gigi  RSUD Dr. M Haulussy sebagai rumah sakit pendidikan.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd  saat Exit meeting mengatakan, proses visitasi yang dilakukan hari ini telah berjalan dengan baik dan menghasilkan beberapa rekomndasi serta saran-saran  yang harus di selesaikan dari pihak fakultas kedokteran unpatti dalam waktu dekat, beberapa dokumen juga yang harus. Harapnnya, dari hasil visitasi yang dilakukan hari ini Fakultas Kedokteran dapat menerima rekomendasi pembukaan prodi kedokteran gigi sebelum penerimaan mahasiswa baru pada jalur seleksi mandiri tahun ini.

Hotumese..

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#VisitasipembukaanProgramStudiPendidikanKedokteranGigiFakultasKedokteranUniversitasPattimura

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *